Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2016 15:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Kemala, Satu Lagi yang Cantik dari Balikpapan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pantai Kemala di Balikpapan (Instagram/Viva Nisahita Ungky)
Pantai Kemala di Balikpapan (Instagram/Viva Nisahita Ungky)
Balikpapan - Balikpapan ternyata punya satu pantai cantik yang akan menggoda traveler, Pantai Kemala namanya. Saat mampir ke sini, traveler dijamin akan jatuh hati.

Balikpapan merupakan kota pelabuhan terbesar di pesisir timur Pulau Kalimantan. Kota ini menjadi kota terbesar nomor 2 di Kalimantan Timur setelah Samarinda, ibukota provinsi tersebut. Aroma industri kental di Balikpapan, namun di balik itu semua tersimpan pesaona pariwisata yang ada di Pantai Kemala.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (28/4/2016), Pantai Kemala merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digandrungi di Balikpapan. Terutama oleh kawula muda, banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu luangnya liburan ke pantai ini.

Waktu yang paling asyik untuk berkunjung ke Pantai Kemala tentu saja saat menjelang sore tiba. Sembari menanti momen matahari terbenam, traveler bisa membununh waktu dengan berjalan-jalan, bermain air hingga berwisata kuliner.


Suasana sore di Pantai Kemala (Instagram/Wilsen Lau Wijaya)

Ada beberapa warung makanan yang beroperasi di pantai ini. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong traveler. Roti bakar misalnya, dengan harga mulai Rp 7.000 dan minuman botol sekitar Rp 5.000 saja.

Selain bisa santai-santai di pinggir pantai dan bermain air, traveler juga bisa melakukan aktivitas seru, yaitu main banana boat dan flying fox. Tarifnya sekitar Rp 25.000 saja.

Tidak ada karcis resmi untuk melakukan permainan ini, bila ada yang sudah mulai bermain, traveler ikut antri saja. Jika ada 6 orang, banana boat akan langsung jalan. Banana boat ini mulai beroperasi sore hari sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Tak jauh dari Pantai Kemala ada Lapangan Merdeka dan Tugu Australia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Kemala juga bertetangga dengan Pantai Melawai yang ternyata tak kalah cantiknya.


Bangku-bangku wisata kuliner di pantai (Instagram/Risty Ichtiani)

Pantai Kemala terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jalan Sudirman. Untuk menjangkau pantai ini, traveler dapat menggunakan transportasi umum yaitu angkot nomor 03 bertarif Rp 3.000 dengan warna putih-biru muda, rutenya Terminal Batu Ampar–Pelabuhan Semayang.

Traveler tinggal minta turun saja di RS Bhayangkara, karena jalan masuk ke pantai ini bersebelahan dengan rumah sakit tersebut. Biaya masuk ke pantai ini sekitar Rp 1.000 saja untuk pejalan kaki.

Traveler yang berminat main ke Pantai Kemala bisa mengintipnya lebih dulu dari ketinggian, lewat video perjalanan drone Elang Nusantara secara live dari layar monitor. Melalui program Ekspedisi Langit Nusantara, Telkomsel akan mengungkapkan pesona Indonesia melalui video yang diambil dari dua drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia selama sebulan penuh.

Hari ini, Kamis (28/4), drone yang terbang dari bagian timur Indonesia akan mengudara di atas langit Balikpapan. Cukup dengan mengakses situs, Elang Nusa kita dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun rekaman. Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia. https://elangnusa.telkomsel.com/


Suasana malam di Pantai Kemala Balikpapan (Instagram/Riswan15)

(wsw/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED