Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Mei 2016 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Long Weekend ke Kalimantan, Yuk Lihat Orangutan

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Orangutan si Bujang di Samboja Lestari (Afif/detikTravel)
Kutai Kartanegara - Traveler yang memilih long weekend ke Kalimantan, jangan sampai lupa untuk melihat orangutan. Salah satu tempatnya adalah di Samboja Lestari, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Orangutan merupakan hewan langka dan cuma ada di Indonesia. Tepatnya, orangutan hidup di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Melihatnya dari video di internet atau TV saja, bisa bikin geleng-geleng kepala. Apalagi kalau melihat orangutan dari dekat, pasti jadi pengalaman seru.

Salah satu tempat untuk melihat orangutan di Kalimantan adalah di Samboja Lestari. Inilah kawasan luas, yang memiliki 6 pulau kecil dan dipisahkan oleh air, dengan tiap pulau merupakan habitat orangutan. Samboja Lestari ada di bawah naungan Borneo Orangutan Survival (BOS), organisasi untuk melestarikan dan merawat orangutan.

Melihat orangutan di Samboja Lestari (Afif/detikTravel)
Jika dari Balikpapan, jarak ke Samboja Lestari sekitar 2 jam saja. Begitu masuk ke dalam, kita akan berjumpa dengan Pulau Exhibitor. Inilah tempat tinggal Bujang (orangutan jantan) dan Ana (orangutan betina).

Bujang diambil dari suatu tempat sirkus di Tanjung Pinang, Riau pada umur 14 tahun. Karena sudah terlalu lama tinggal di sirkus dan melihat manusia, insting alam liar Bujang pun hilang. Yang lebih parah, Bujang secara seksual suka kepada wanita.

BACA JUGA: Cerita Si Bujang, Orangutan Genit yang Suka Turis Perempuan

Bujang dan Ana sepasang orangutan di Pulau Exhibitor (Afif/detikTravel)


Para pemandu di sana, akan menjelaskan dengan rinci tentang informasi orangutan. Bagaimana mereka hidup di hutan dan kebiasaan sehari-harinya. Bahkan, kita bisa melemparkan makanan kepada mereka yang berupa bambu dan didalamnya diisi sereal, irisan buah-buahan dan lain-lain dengan kondisi beku.

"Ini sengaja dibekukan biar mereka usaha ngambil makanannya," ujar salah seorang pemandu.

Camilan orangutan (Afif/detikTravel)
Di samping Pulau Exhibitor, ada Pulau Ibu dan Anak. Di pulau ini, kita bisa melihat tingkah lucu anak-anak orangutan yang menggemaskan. Mereka cekatan melompat dan berayun-ayun dari satu pohon ke pohon lain.

Suasana di Samboja Lestari pun dibuat ala hutan liar. Namun sayangnya kita tidak bisa mengunjungi semua pulau di sana. Sebab 4 pulau lainnya, tertutup untuk pengunjung dan merupakan tempat rehabilitasi.

Kurang puas seharian di Samboja Lestari, lebih baik menginap saja di Samboja Lodge. Satu-satunya penginapan di sana dan lokasinya ada di atas bukit. Tidur di sini, seolah tidur di dalam hutan!

Kamar di Samboja Lodge (Afif/detikTravel)


Pemandangan dari Samboja Lodge (Afif/detikTravel)

Samboja Lestari sendiri berlokasi di Jl Balikpapan-Handil Km 44, Kutai Kartanegara, Kaltim. Tiket masuk ke sana sebesar Rp 550.000, yang uangnya untuk pendanaan konservasi orangutan BOS, atau sekalian saja menginap di penginapannya Samboja Lodge mulai dari harga Rp 1,3 jutaan dan sudah bisa melihat orangutan dari dekat. Yuk long weekend ke sini! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA