Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Mei 2016 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Amerika Punya Texas, Bojonegoro Punya Teksas Wonocolo

Budi Sugiharto
detikTravel
Destinasi Teksas Wonocolo di Bojonegoro (Budi Sugiharto/detikTravel)
Destinasi Teksas Wonocolo di Bojonegoro (Budi Sugiharto/detikTravel)
Bojonegoro -

Amerika punya Texas yang kaya minyak. Indonesia tidak kalah karena punya Teksas Wonocolo di Bojonegoro, destinasi wisata baru bertema minyak bumi.

Traveler yang suka jeprat-jepret pasti akan girang ketika mengunjungi Desa Wisata Migas atau GeoPark di Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Nampaknya Bupati Suyoto jeli melihat apa yang dibutuhkan para penggemar fotografi maupun traveler. Sebuah ikon baru di desa yang dikepung hampir 250 sumur minyak dan gas bumi tua pun diciptakan.

Di sebuah bukit yang lokasinya strategis karena bisa disaksikan dari semua penjuru dipasang sebuah tulisan besar seperti ikon di Hollywood. Namun yang ini beda. Tulisan berukuran besar 'TEKSAS WONOCOLO' yang menempel di rest area yang menjadi spot fotografi itu terbaca jelas dari kejauhan.


Spot fotografi Teksas Wonocolo (Budi Sugiharto/detikTravel)

Traveler yang kali pertama mungkin akan geli dan tersenyum membaca tulisan tersebut. Di benaknya mungkin mengatakan jika tulisan yang benar adalah Texas bukan Teksas. Ya, Texas di negara bagian Amerika itu juga penghasil migas sama dengan dengan Wonocolo.

"Kok Teksas ya, bukannya Texas (Amerika)," tanya Hugo, salah satu traveler asal Jakarta saat berkunjung dengan detikTravel, Sabtu (7/5) kemarin.

Tetapi sesungguhnya, tulisan Teksas Wonocolo ini adalah kesengajaan dan memiliki arti. "Teksas singkatan dari Tekad Selalu Aman dan Sejahtera. Dan ini idenya Kang Yoto (Bupati Bojonegoro)," ungkap Ibram Nurdiansah (26), petugas Dinas Pariwisata saat dihubungi detikTravel, Minggu (8/5/2016).

Ibram yang sehari-harinya bertugas di Rumah Singgah Wahana Wisata Migas Wonocolo mengakui juga sering ditanya tentang tulisan Teksas yang bukan Texas. Namun setelah ia mengungkapkan maksudnya, beberapa traveler yang bertandang ke rumah singgah akhirnya bisa memmahami.


Gerbang masuk desa (Budi Sugiharto/detikTravel)

Ikon Teksas Wonocolo ini juga sudah bisa dilihat ketika traveler menginjakan kaki di mulut Desa Wonocolo. Sebuah gapura untuk menyambut kedatangan wisatawan telah dibangun. "Selamat Datang di Kawasan Wisata Sumur Tua Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegooro - TEKSAS WONOCOLO".

Di tengah sumur-sumur tua yang ditambang tradisional itu saat ini sudah disediakan dua rumah singgah untuk istirahatnya traveler. Pemkab Bojonegoro, SKK Migas dan Pertamina EP juga melengkapi rumah singgah dengan musala serta toilet yang bersih dan kesediaan air bersihnya cukup lancar.

Selain traveler, para anak-anak desa sekitar sumur tua juga banyak yang bertandang ke rumah singgah untuk menghabiskan waktu di sore hari. Di salah satu rumah singgah terdapat tulisan ukuran besar bertuliskan WONOCOLO. Anak-anak pun banyak yang foto selfie di lokasi tersebut.


Tulisan Wonocolo (Budi Sugiharto/detikTravel)

Cepu Field Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto mengakui bahwa plesetan Texas menjadi Teksas Wonocolo ini melalui proses panjang bersama Bupati Suyoto. "Kang Yoto yang memutuskan artinya Teksas," kata Agus.

Yang pasti bahwa pemberian nama Teksas Wonocolo ini pada awalnya terinspirasi dengan kondisi di Texas. "Wisata migas di Wonocolo ini menjadi wisata pertambangan pertama di Indonesia, terinpirasi dari wilayah minyak di Texas, Amerika Serikat," katanya.

Pertamina EP Asset 4 juga menyediakan sumur percontohan D-80, D-138 dan D-105. Traveler yang berkunjung bisa menyaksikan proses penambangan hingga pemilahan minyak mentah dengan air serta timbal agar kelestariannya lingkungan tetap terjaga.


Bangunan rumah singgah untuk wisatawan (Budi Sugiharto/detikTravel)




(gik/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA