Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mei 2016 13:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Unik! Pura Goa Lawah di Bali yang Punya Ribuan Kelelawar

Foto: Pura Goa Lawah di Klungkung yang punya ribuan kelelawar (Diah Sumariani/d'Traveler)
Klungkung - Selain Monkey Forest di Ubud, ternyata Bali juga punya pura yang dikhususkan untuk kelelawar. Namanya adalah Pura Goa Lawah yang ada di daerah Klungkung.

Di Bali terdapat banyak pura dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Pura Goa Lawah yang terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Terletak di pinggir jalan By Pass Ida Bagus Mantra dan satu jalur dengan objek wisata Candidasa, pura itu dikenal dengan kelelawarnya.

Nama Goa Lawah terdiri dari dua kata yaitu Goa yang artinya gua dan Lawah yang artinya kelelawar. Sesuai dengan namanya, di pura ini terdapat sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Kelelawar tersebut sudah ada sejak dulu, dan masyarakat percaya jika kelelawar yang ada disana diganggu, maka akan terjadi bencana.

Meskipun terdapat banyak kelelawar di pura ini, tidak pernah sama sekali ada umat yang diganggu saat sedang beribadah. Suara kelelawar-kelelawar yang berdecit menambah kesan mistis yang ada di Pura Goa Lawah.

Umat yang sedang sembahyang (Diah Sumariani/d'Traveler)

Konon katanya, gua yang ada di Pura Goa Lawah tersebut bisa tembus sampai ke Pura Besakih, di lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem. Namun, karena pernah terjadi gempa, gua kini tertutup.

Dalam kepercayaan umat Hindu, Pura Goa Lawah merupakan tempat untuk memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Laut. 'Bhatara Tengahing Segara' merupakan sebutan untuk Dewa Laut dalam mitologi Hindu. Pura Goa Lawah sendiri memang terletak di pinggir pantai.

Suasana di Pura Goa Lawah (Diah Sumariani/d'Traveler
Namun kalau belum bisa melihat secara langsung, traveler bisa mengikuti indahnya Bali dan sekitarnya lewat situs Ekspedisi Langit Nusantara yang digagas oleh Telkomsel. Lewat dua drone yang diterbangkan dari bagian Barat dan Timur Indonesia, Telkomsel akan menunjukkan Pesona Indonesia selama sebulan penuh.

Untuk hari Kamis (12/5), drone yang diterbangkan dari bagian timur Indonesia sudah sampai ke Bali. Cukup masuk ke situs Ekspedisi Langit Nusantara, traveler sudah bisa melihat indahnya Bali dari udara secara live streaming. Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia.

Pura ini berada di daerah Klungkung (Diah Sumariani/d'Traveler)
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA