Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Mei 2016 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat 5 Ksatria Pandawa di Bali

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Patung Sahadewa, salah satu ksatria Pandawa (Afif/detikTravel)
Foto: Patung Sahadewa, salah satu ksatria Pandawa (Afif/detikTravel)
Badung - Pantai Pandawa di Bali punya keunikan. Di sinilah, berjejer patung 5 ksatria Pandawa yang seolah menjaga pantainya. Yuk lihat!

Dalam kisah Mahabharata, legenda umat Hindu diceritakan perjuangan 5 ksatria Pandawa bertarung melawan Korawa demi memperebutkan kerajaan Hastinapura. Tokoh-tokoh ksatria Pandawa itu adalah Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula dan Sahadewa.

Bagi yang penasaran, bagaimana sosok 5 kstaria Pandawa tersebut, datangi saja Pantai Pandawa di Bali. Pantai ini berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Bandung. Di tebing dekat pantainya, ada patung 5 kstaria Pandawa yang berwarna putih dan tingginya lebih dari 3 meter. Patungnya berada di dinding tebing yang dikeruk hingga membuat lubang besar.

(Afif/detikTravel)


Menurut masyarakat setempat, patung-patung itu dibuat untuk seolah menjaga pantainya. Sekaligus juga menjadi keunikan dan daya tarik untuk turis, sebab mungkin inilah satu-satunya pantai di Pulau Dewata yang memiliki jejeran patung-patung raksasa di pinggir pantainya.

Dari lokasi yang paling atas, ada patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima para ksatria Pandawa. Setelah itu secara berurutan dengan jarak sekitar 5 meter tiap patung, berdiri patung Dharma Wangsa atau dikenal Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan terakhir Sahadewa. Tiap patung pun menghadap ke Pantai Pandawa.

(Afif/detikTravel)


5 Patung ksatria Pandawa tersebut, adalah sumbangsih dari berbagai perusahaan dan dari per orangan, seperti dari PT Bali Raga Wisata, Gavura Vista, Cicip S Sutardjo yang merupakan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI dan lain-lain.

Yang harus diingat, wisatawan dilarang naik mendekati patung dan membuat suasana gaduh di sekitar patung. Tiket masuk ke dalam Pantai Pandawa hanya Rp 2 ribu saja. Deretan warung makan dan fasilitas wisata lainnya di sana sudah cukup memadai.

(Afif/detikTravel)


Selain patung-patung ksatria Pandawa, Pantai Pandawa sejatinya cantik jelita. Garis pantainya membentang panjang, berpasir putih dan perairan biru jernih ada di depan pantainya.

Di pinggiran Pantai Pandawa berjejer bangku-bangku panjang. Asyiknya, bangku-bangku di sana dilengkapi dengan payung untuk melindungi dari sinar matahari. Apalagi harga sewanya hanya Rp 50 ribu untuk dua bangku dan bisa dipakai sepuasnya.

Mau melihat Pantai Pandawa dari udara? Untuk hari ini, Sabtu (14/5/2016), drone yang diterbangkan dari bagian Barat sedang mengudara di atas Bali. Cukup dengan masuk ke situs Ekspedisi Langit Nusantara, traveler bisa melihat indahnya lanskap Bali serta deretan pantai termasuk Pantai Pandawa.

(Afif/detikTravel)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA