Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mei 2016 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengagumi Indahnya Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan

Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan (Yudhistira/detikTravel)
Lombok - Gunung Rinjani selalu memikat para wisatawan yang berkunjung ke Lombok, NTB. Dari Bukit Pergasingan, Gunung Rinjani tampak indah sekali.

Jalur pendakian ke Rinjani dahulu cuma ada dua yaitu dari Senaru dan Sembalun. Namun sekarang sudah ada beberapa jalur pendakian. Bagi yang tidak mengejar puncak gunungĀ  biasanya wisatawan naik melalui Senaru.

Namun bagi wisatawan yang mengejar puncak, biasanya mereka naik dari Sembalun. Tetapi bagi mereka yang tak sanggup naik walau sampai Segara Anak, wisatawan bisa berfoto-foto dengan latar belakang Gunung Rinjani.

Seperti yang detikTravel, Sabtu (14/5/2016) lakukan bersama beberapa teman yaitu Bhany, Fahrul, Sepsha, Udin, Tria, Cakra, dan Gendawa. Saya yang belum sanggup untuk naik ke Segara Anak atau juga ke puncak Gunung Rinjani cukup berfoto dengan latar gunungnya saja. Untuk mendapatkan latar belakang gunjng tersebut, saya harus naik ke Bukit Pergasingan di Sembalun, Lombok Timur, NTB.

Gapura menuju Bukit Pergasingan (Yudhistira/detikTravel)


Di Bukit Pergasingan, wisatawan bisa melihat Gunung Rinjani dengan jelas dan tentunya bisa berfoto dengan latar belakang gunung tersebut. Untuk mencapai bukit tersebut dibutuhkan perjuangan yang tak mudah.

Misalkan Anda mau mengejar sunrise, Anda harus datang ke Bukit Pergasingan pagi. Nah maka dari itu, sehari sebelum ke Bukit Pergasingan, Anda harus menginap dahulu di penginapan-penginapan di daerah Sembalun.

Karena dari Kota Mataram menuju Sembalun dibutuhkan waktu tempuh 4-5 jam. Dari Sembalun menuju Bukit Pergasingan, Anda bisa menempuh dengan mobil atau motor. Lalu kemudian Anda harus bersiap mendaki dan menaiki sekitar 70 anak tangga untuk mencapai spot foto atau pemandangan Rinjani pertama.

Bila Anda punya waktu banyak dan cukup kuat, Anda bisa mencapai puncak dari Bukit Pergasingan. Saya dari penginapan di Sembalun berangkat sekitar pukul 05.00 WITA dan tiba di bukit sekitar pukul 05.20 WITA. Masya Allah, setelah saya mendaki dan mencapai spot pertama saja, saya bisa melihat keindahan ciptaan Tuhan.

Pemandangan Gunung Rinjani di pagi hari (Yudhistira/detikTravel)


Saya bisa melihat Gunung Rinjani dengan jelas. Selain Gunung Rinjani, bentangan sawah dan juga air sungai yang jernih pun dapat saya lihat dari spot pertama Bukit Pergasingan. Oh ya, karena dingin, bila mau ke Bukit Pergasingan jangan lupa bawa jaket dan juga syal.

Karena jernihnya air sungai di Bukit Pergasingan, beberapa ikan kecil pun tampak di sungai tersebut. Selain itu di bukit ini, kebersihan lingkungannya masih terjaga. Tidak ada sampah-sampah di sekitar lokasi. Benar-benar sungguh indah pemandangan di Bukit Pergasingan.

Jadi sekarang Anda tinggal tentukan sendiri. Mau naik ke Gunung Rinjani lewat jalur pendakian Senaru atau Sembalun. Atau Anda hanya mau berfoto dengan latar belakang Gunung Rinjani di Bukit Pergasingan.

Jadi tunggu apa lagi, buruan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak objek wisata cantik dan menarik yang belum diketahui banyak orang. (yds/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA