Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Mei 2016 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berfoto dengan Es Abadi Indonesia, Keren!

Afif Farhan
detikTravel
Mau berfoto di sini? (Afif/detikTravel)
Jakarta -

Saat bertualang Puncak Carstensz di Papua, cobalah lewat jalur kampung dari Ugimba. Kita akan melalui New Zealand Pass dan terlihat jelas es abadi dari kejauhan. Keren untuk foto-foto!

Puncak Carstensz merupakan puncak tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 4.884 mdpl dan berlokasi di Pegunungan Tengah, Papua. Puncak Carstensz sekaligus masuk daftar Seven Summit dunia, alias 7 puncak tertinggi di 7 benua.

Cara untuk mendaki Puncak Carstensz tidaklah mudah. Ada 2 jalur yang biasa dilewati, yakni jalur tambang Freeport dan jalur kampung. Untuk jalur tambang, tidak direkomendasikan sebab selain memasuki wilayah tambang dengan izin yang sulit, pendaki akan sulit melakukan aklimatisasi atau beradaptasi dengan ketinggian.

Dari ketinggian yang hanya 600 mdpl, terus naik mobil ke 1.000-an mdpl, lantas naik gondola langsung ke ketinggian 4.000 mdpl. Ini terlalu cepat bagi tubuh untuk melakukan aklimatisasi menuju Puncak Cartensz. Tubuh akan terasa sakit bukan main. Badan bisa lemas, kepala pusing, muntah-muntah dan pingsan!


Trekking lewat jalur kampung ke Puncak Carstensz lebih asyik! (Afif/detikTravel)

Lewat jalur kampung, memang diperlukan waktu yang lebih lama bisa mencapai 10 hari lebih berjalan kaki. Salah satu jalur kampung yang bisa dilalui yakni melalui Ugimba, desa terdekat dari Puncak Carstensz. Meski waktunya lebih lama, pemandangan indah tersaji di depan mata.

Dari Ugimba, pendaki akan pelan-pelan melakukan adaptasi ketinggian. Berjalan kaki dari ketinggian 2.000 mdpl, terus naik ke 3.000 sampai 4.000 mdpl. Saat di ketinggian 4.000 mdpl, pendaki bakal sampai di New Zealand Pass yang sebagai titik terakhir sebelum mencapai Basecamp Danau-danau.


Inilah New Zealand Pass (Afif/detikTravel)

Di New Zealand Pass, kita sudah bisa melihat puncak lainnya bernama Puncak Carstensz Timur. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 4.600-an mdpl dan memiliki es abadi berwarna putih.


Perhatikan pojok kiri atas, itulah es abadinya! (Afif/detikTravel)

Dari New Zealand Pass, es abadinya sudah terlihat jelas. Trek di New Zealand Pass sendiri pun berundak-undak, naik dan turun. Carilah undakan yang pas untuk bisa berfoto dengan latas es abadi di Puncak Carstensz Timur tersebut. Jepret!


Bergaya dulu di depan Puncak Carstensz Timur yang punya es abadi (Afif/detikTravel)


Istirahat sebentar sambil berfoto dengan latar es abadi Puncak Carstensz Timur (Afif/detikTravel)

Hasil fotonya pun, sudah pasti keren sekali! Tebing-tebing menjulang tinggi, padang savana dan es abadi berwarna putih terlihat jelas. Tak salah kalau menjadikan New Zealand Pass sebagai salah satu tempat untuk berfoto-foto sebelum mencapai Puncak Carstensz.

Namun ingat, jangan berlama-lama di New Zealand Pass karena kita harus mencapai Basecamp Danau-danau sebelum malam tiba. Trekking dari New Zealand Pass ke basecampnya masih memakan waktu sekitar 7-8 jam berjalan kaki. Medannya pun berat, saat menanjak kemiringannya bisa nyaris 90 derajat.

Kemudian, belum lagi menuruni tebing dengan jalanan berupa bebatuan besar dan kerikil. Tapi saat istirahat, tak ada salahnya mengeluarkan kamera untuk berfoto sejenak dengan es abadi Indonesia.


Perjalanan dari New Zealand Pass menuju Basecamp Danau-danau (Afif/detikTravel)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA