Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jun 2016 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bertemu Raflesia, Bayi Gajah yang Diberi Nama Oleh SBY

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Inilah Raflesia, bayi gajah yang diberi nama oleh SBY (Wahyu/detiktravel)
Inilah Raflesia, bayi gajah yang diberi nama oleh SBY (Wahyu/detiktravel)
Prigen - Liburan ke Taman Safari Prigen, traveler bisa bertemu dengan Raflesia, bayi gajah yang lucu dan menggemaskan. Nama Raflesia diberikan oleh SBY, mantan Presiden RI Ke-6.

detikTravel mendapat kesempatan untuk bercengkrama langsung dengan Raflesia serta gajah lainnya saat mengikuti Safari Journalist Adventure beberapa waktu yang lalu. Kebetulan cuaca saat itu sangat mendukung, tidak hujan sehingga gajah-gajah ini bisa diajak untuk berinteraksi.

Satu yang paling imut dari kawanan Gajah Sumatera yang tinggal di Taman Safari Prigen tentu saja Raflesia. Selain jadi yang paling kecil, tingkah Raflesia juga lucu dan menggemaskan, layaknya anak balita yang senang bermain dan butuh perhatian.

Raflesia seperti bintang idola yang jadi rebutan rombongan media. Kami semua berebut ingin sekadar mengelus dan memegang badannya. Begitu pula dengan saya, namun sayang Raflesia agak sedikit tidak bersahabat dengan saya.


Raflesia menjadi yang paling imut diantara gajah lainnya (Wahyu/detiktravel)

Saat saya mendekat, tiba-tiba Raflesia terlalu bersemangat sampai agak menabrak saya. Kaki Raflesia juga terasa seperti menendang bagian paha saya. Beruntung aksi Raflesia diketahui sang keeper, kemudian dia disuruh mundur lagi ke belakang.

"Kamu mesti hati-hati sama yang namanya Raflesia. Dia memang suka gitu. Tahu-tahu nubruk saja, maklum masih anak-anak, masih suka main," kata Suhadi, salah satu pelatih gajah di Taman Safari Prigen.

Rupanya memang seperti itu tingkah alami anak gajah, suka mengajak bermain. Meski terlihat jinak, namun anak gajah seperti Raflesia masih punya sifat liar. Jadi, ada baiknya kita menjaga jarak supaya aman.

Pantas saja jika ada larangan untuk turun saat bersafari, karena bisa saja gajah ini menubruk manusia, meski mereka merasa hal itu hanya main-main saja. Saya saja yang hanya ditabrak sedikit oleh Raflesia merasa kesakitan, apalagi kalau dia menabraknya dengan sepenuh tenaga, bisa fatal akibatnya.


Raflesia yang gemar bermain (Wahyu/detikTravel)

Kembali ke Raflesia, menurut penelusuran detikTravel, Selasa (14/6/2016) Raflesia lahir pada bulan November 2014 silam. Itu berarti bayi gajah ini sudah berusia hampir 2 tahun. Raflesia sendiri lahir dari induk jantan bernama Subaru dan induk betina bernama Siska.

Raflesia menjadi bayi gajah Sumatera ke-7 yang berhasil dikembangbiakkan oleh Taman Safari Prigen. Menariknya mengenai asal usul nama Raflesia, rupanya bayi gajah ini diberi nama tersebut oleh SBY, sewaktu dia bersama keluarganya berkunjung ke Prigen.

SBY pun sempat mengunggah kebersamaan mereka dengan Raflesia melalui foto yang diunggah di laman akun Facebook pribadi SBY. Foto tersebut tertanggal 19 April 2015 dan mengundang banyak komentar dari traveler lainnya.


Foto Keluarga SBY dan keluarga Gajah Taman Safari (SBY/Facebook)

Traveler yang ingin bertemu juga dengan Raflesia, tinggal melipir saja ke Taman Safari Indonesia II. Letaknya ada di dDesa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Dari Surabaya bisa ditempuh dengan perjalanan 1,5 Jam menggunakan jalur darat. Letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuat cuaca di sana sangat sejuk dan cocok sebagai destinasi liburan. Apalagi bisa bertemu dengan Raflesia, bayi gajah Sumatera yang lucu dan menggemaskan.


Raflesia sangat dilindungi oleh keluarganya (Wahyu/detikTravel)

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED