Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Jul 2016 11:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Harus Jalan-jalan ke Sini Kalau Kamu Mudik ke Cilacap!

Faela Shafa
detikTravel
Pantai Permisan di Nusakambangan (Angling/detikTravel)
Pantai Permisan di Nusakambangan (Angling/detikTravel)
Cilacap - Menjelang Lebaran, waktunya pulang kampung. Kalau kamu pulang ke Cilacap di Jawa Tengah, pastikan untuk melancong ke tempat-tempat cantik ini ya!

Satu pulau paling terkenal di Cilacap adalah Nusakambangan. Namun jangan hanya puas mendatangi pantai yang biasa saja. Karena masih banyak destinasi cantik yang tersimpan di sana. Selain Nusakambangan, Cilacap juga punya banyak potensi wisata asyik untuk didatangi.

Disusun detikTravel, Sabtu (2/7/2016), ini beberapa destinasi seru yang bisa didatangi di Cilacap saat libur Lebaran kali ini:

1. Pantai Permisan


(Angling/detikTravel)

Jika melancong ke Nusakambangan, biasanya pantai yang didatangi adalah Pantai Pasir Putih. Padahal, ada pula pantai lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Permisan.

Hal khas di pantai ini adalah monumen pisau komando besar dan pohon kelapa yang tumbuh di atas batu karang. Pada dasarnya, pantai cantik ini sering dijadikan tempat kegiatan pembaretan oleh Kopassus.

Tidak seperti Pantai Pasir Putih, pantia Permisan masih tergolong sepi pengunjung. Inilah yang membuat liburan kamu bisa tersa beda saat ke Nusakambangan. Meski pantainya tidak terlalu besar, namun pasirnya lembut dan airnya sangat jernih.

Untuk mencapai Pantai Permisan, harus menyeberang ke Pulau Nusakambangan melalui Pelabuhan Sodong dan menumpang kapal Pengayoman II. Setelah itu menggunakan armada bus dari pihak Lapas, perjalanan akan ditempuh sejauh sekitar 15 km hingga Pantai Permisan.

2. Benteng Pendem


(Angling/detikTravel)

Sebuah benteng terletak di ujung tenggara Kabupaten Cilacap bernama Belanda Kusbatterij Op De Land Tong Te Tjilatjap. Nama sederhananya adalah Benteng Pendem yang dinamakan oleh warga sekitar.

Benteng yang berada di Pantai Teluk Penyu ini dibangun pada tahun 1861. Sesuai dengan namanya, bentengnya dibangun di bawah gundukan tanah. Di mana di atasnya ditumbuhi pohon perdu yang membuatnya tidak terlihat seperti bangunan.

Dari kisah setempat, konon benteng ini punya penghubung di bawah laut untuk menuju Pulau Nusakambangan. Benteng ini memiliki luas sektiar 10,5 Ha dan bentuknya merupakan tiruan dari Benteng Rhijnauwen di Belanda.

Di dalam lingkungan benteng, bangunan pertama yang ditemui adalah 14 kamar barak seluas 9,04x5,02 meter dan dua sumur di depannya. Lalu berlanjut ke sisi Barat terdapat dua ruang klinik nerukuran 8,7x3,7 meter dan 5,2x3,7 meter. Klinik ini merupakan tempat paling akhir dibangun yaitu tahun 1879.

Saat berwisata ke Benteng Pendem, pengunjung akan masuk lewat gerbang yang sebenarnya adalah bagian belakang benteng. Karena bagian depannya berbatasan langsung dengan kawasan tangki Pertamina.

Di luar bangunan benteng yang berbentuk segi lima itu, terdapat parit yang dulunya mengelilingi benteng dan memiliki kedalaman 2 meter hingga 3 meter. Namun kini parit itu sudah mengalami pendangkalan dan sebagian sudah digali.

3. Pantai Sodong


(Widha Kumalasari/d'Traveler)

Agak melipir dari pusat kota, ada Pantai Sodong. Pantai ini terlteak di Kecamatan Adipala, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota.

Kamu sudah dekat sampai tujuan jia sudah berada di wilayah Gunung Selok. Pantai ini hanya terletak 5 menit dari jalan utama. Di pintu masuk, terdapat tugu bertulisakan "Selamat Datang di Pantai Sodong".

Yang menarik dari pantai ini adalah pemandangan hijau di sekelilingnya. Ada bukit karang yang ditumbuhi pepohonan hijau. Membuat pemandangan pantai terasa berbeda.

Berenang di sini pun tak kalah asyik. Namun harus tetap memerhatikan keselamatan. Karena ombak di pantai ini cukup besar. Jika ingin main air, usahakan jangan terlalu jauh dari bibir pantai ya!

Di kawasan wisata ini terdapat warung makan dengan menu favorit seafood. Bahkan ada tempat pemancingan yang hasilnya bisa dinikmati sekaligus di situ. Soal harga, masih bersahabat dengan kantong.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED