Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jul 2016 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Wisata Kuliner Top Untuk Diicipi Bila Liburan ke Surabaya

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Rujak cingur khas Surabaya (Ari Es/dTraveler)
Foto: Rujak cingur khas Surabaya (Ari Es/d'Traveler)
Surabaya - Bicara soal Surabaya, tak bisa lepas tentang kekayaan kulinernya. Setidaknya ada 10 jenis kuliner yang wajib traveler coba bila liburan di Surabaya. Berikut rekomendasinya!

Surabaya menjadi salah satu kota destinasi bagi traveler yang ingin berburu kuliner lezat. Bisa dibilang, setiap sudut Surabaya punya wisata kuliner yang harus diicip traveler. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan beberapa rekomendasinya.

"Asli, makanan Surabaya itu gak ada yang tidak bikin kangen," kata Arief Yahya dalam rilis persnya kepada detikTravel, Kamis (14/7/2016).

Arief yang asli kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur itu lebih banyak menghabiskan waktu di Surabaya, saat menjabat sebagai Kadivre V PT Telkom di Jawa Timur. Karena itu, dia bersahabat dengan segala rupa masakan Jawa Timuran yang sangat khas.

"Saya pernah hidup lama di Surabaya. Kalau soal makanan khas Jawa Timuran, saya rekomendasi ke sana deh," imbuh Arief.

Arief merekomendasi 10 jenis makanan yang akan membuat traveler bergoyang lidah. Inilah 10 tempat makanan yang wajib Anda kunjungi saat berada di Surabaya. Jangan lupa juga akan tagar #PesonaIndonesia ya!

1. Rawon Setan

Tempat makan satu ini tidak hanya terkenal di seantero Surabaya. Namun para pelancong dari berbagai daerah-pun merasa wajib untuk mampir ke tempat ini bila sedang berada di Surabaya.

Bagi traveler yang belum tahu, rawon adalah sup daging khas Jawa Timur yang kuahnya berwarna hitam pekat. Warna hitam rawon dihasilkan dari kluwek yang merupakan bumbu utama masakan ini.

Jadi bila liburan ini Anda habiskan di Surabaya, jangan sampai lupa mampir ke warung Rawon Setan ya. Alamatnya berada di Jl Embong Malang I No 78, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

2. Nasi Goreng Jancuk

(Archi Persita Wulan Ari/d'Traveler)


Saat berkunjung ke Surabaya, Nasi Goreng Jancuk adalah salah satu tempat makan yang tidak boleh dilewatkan. Nasi goreng ini terkenal karena porsinya yang besar dan rasanya yang pedas maksimal.

Satu porsi Nasi Goreng Jancuk bisa dimakan untuk empat sampai lima orang. Pasti sangat pas bila dinikmati bersama keluarga. Lokasinya bisa ditemui di Restoran Kartini–Surabaya Plaza Hotel, Jl Pemuda 33–37, Surabaya.

3. Mie Pecun

Satu lagi makanan khas Surabaya yang ditujukan bagi traveler penggila masakan pedas. Meski tergolong baru, namun Mie Pecun sudah cukup terkenal di seantero Surabaya.

Tumisan mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat anda ketagihan untuk melahapnya. Di sini juga memiliki berbagai varian tingkat kepedasan, misalkan saja Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas).

Tidak perlu khawatir untuk membawa si kecil bersama Anda makan di sini. Wisata kuliner ini berada di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya.

4. Soto Cak Har

Meski bukan panganan asli Surabaya, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib diicip bila berada di Surabaya. Konon, soto lamongan yang paling terkenal di sini ada di warung Cak Har.

Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, jeroan, hingga brutu. Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mampir menyicipi sedapnya soto ini. Warung Cak Har bisa dicari di Jl Dr Ir H Soekarno, Surabaya.

5. Kepiting Cak Gundul 1992

(detikFood)


Bagi traveler penyuka olahan sea food, ini adalah tempat yang cocok untuk didatangi saat berada di Surabaya. Meski mejual olahan makanan laut, namun andalan restoran yang sudah berdiri selama 24 tahun ini adalah olahan kepitingnya.

Menu paling populernya adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Traveler langsung melipir saja ke Jalan Raya Kupang Indah, No 45 C-D, Surabaya.

6. Nasi Cumi

Masih seputar manu olahan laut, kuliner satu ini namanya Nasi Cumi. Makanan ini adalah menu yang paling pas untuk mengisi perut keroncongan Anda di malam hari.

Harganya juga tidak mahal, cukup hanya merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu saja untuk bisa merasakan kelezatannya. Meski tampilannya tak begitu istimewa, namun kelezatannya dijamin akan membuat lidah bergoyang dengan lincahnya. Lokasinya bisa ditemukan di Jl Waspada, sebelah pintu masuk Pasar Atom Surabaya.

7. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Makanan yang satu ini tentunya sudah dikenal oleh seluruh penggila wisata kuliner di seluruh Indonesia. Panganan yang berbahan dasar moncong sapi ini memang sudah menjadi khas Surabaya.

Tapi ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib Anda kunjungi saat berada di Surabaya. Namanya warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung, yakni Nyonya Giok Tjoe. Warung ini bisa dijumpai di Jalan Achmad Jais No 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.

8. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Warung Lontong Balap yang satu ini sangat terkenal di Surabaya karena sudah ada sejak tahun 1956. Jadi jangan kaget bila tempat ini tak pernah sepi pelanggan.

Rasa khas kuah tauge yang dicampur dengan sambal petis, dijamin akan membuat traveler ingin makan lagi dan lagi. Lokasinya berada di Jl Kranggan, Surabaya (depan eks Bioskop Garuda).

9. Tahu Campur Kalasan

Hampir mirip dengan lontong balap tadi, Surabaya juga punya kuliner lain bernama Tahu Campur. Bedanya, kudapan ini terdiri dari daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan selada.

Salah satu yang jadi rekomendasi untuk menyantap lontong balap adalah tahu campur di Jalan Kalasan. Cukup dengan Rp 10 ribu saja, kamu sudah bisa menjajal lezatnya Tahu Campur khas Surabaya. Datangi saja Jl Kalasan No 22, Surabaya.

10. Ice Cream Zangrandi

(Van Alvin/d'Traveler)


Nah, kalo tempat yang satu ini paling cocok untuk disatroni di siang bolong. Restoran yang khusus menjajakan beraneka ice cream ini, sudah sangat terkenal di Surabaya.

Restoran Ice Cream Zangrandi sendiri sudah ada sejak 1933. Tempatnya yang berdekatan dengan balai kota, dijamin tidak akan membuat Anda kesulitan untuk menemukannya. Datangi saja Jl Yos Sudarso No 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED