Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Agu 2016 09:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau ke Gua Batu Cermin, Lintasi Dulu Jalan Setapak di Antara Bambu Duri

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Bambu duri di jalan menuju Gua Batu Cermin (Kurnia/detikTravel)
Foto: Bambu duri di jalan menuju Gua Batu Cermin (Kurnia/detikTravel)
Labuan Bajo - Gua Batu Cermin ada Labuan Bajo, NTT. Untuk bisa masuk ke gua, traveler harus menaklukkan jalan setapak dengan pohon bambu duri di kanan kirinya.

Traveler yang liburan di Labuan Bajo, sempatkan mampir ke Gua Batu Cermin. Letaknya di Wae Kesambi, tak jauh dari pusat Kota Labuan Bajo. detikTravel menjelajah gua tersebut beberapa waktu silam.

Banyak sekali objek menarik yang bisa dilihat di dalam gua yang konon dulunya berada di dasar laut ini. Mulai dari tonjolan dinding yang mirip patung Bunda Maria, stalaktit dan stalagmit yang mengandung garam, hingga fosil penyu dan batu karang.

Namun sebelum melihat semua keajaiban gua, traveler harus melewati berjalan kaki melewati jalan setapak dari gerbang depan objek wisata Gua Batu Cermin. Jalan ini dipenuhi pepohonan di sisi-sisinya.

(Kurnia/detikTravel)
Namun bukan pohon cemara atau pepohonan hijau yang rimbun seperti di dalam hutan kebanyakan, melainkan bambu duri. Bambu tersebut mirip dengan bambu lainnya namun bedanya, pada bagian buku batang serta rantingnya ditumbuhi duri.

Duri-duri itu tampak tajam, bagaikan duri mawar. Pohon bambu duri begitu banyak tumbuh subur di sini. Batangnya ada yang melengkung di sisi kanan dan kiri jalan setapak berpaving block selebar 1 meter ini, bagaikan terowongan yang memberi kesan mistis.

Melewati jalur yang tak biasanya itu pun memberikan sensasi seru sebelum benar-benar menjelajah Gua Batu Cermin. Turis yang melewati jalur ini tampak sesekali berhenti untuk berfoto. Namun tetap harus hati-hati dan sebaiknya jangan terlalu dekat apalagi memegang batang bambu untuk menghindari kemungkinan tergores durinya.

Fosil di dalam gua (Kurnia/detikTravel)
(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED