Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Okt 2016 09:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mumpung Belum Viral, Ayo ke Hutan Pinus Banyuwangi

Bersantai di Alas Pinus, Songgon, Banyuwangi (Kartika/detikTravel)
Banyuwangi - Hutan pinus belakangan jadi trend untuk anak muda mengisi kegiatan outdoor. Nah, di Banyuwangi ada hutan pinus Songgon yang sebentar lagi mungkin bakal viral.

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur punya taman wisata berlatar hutan pinus yang bisa Traveler kunjungi untuk menghabiskan sore. Tempat wisata itu diberi nama Alas Pinus, berada di Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Mulanya kawasan itu hanyalah hamparan hutan yang ditumbuhi pohon-pohon pinus. Kemudian ide wisata itu mulai dicetuskan dan dikerjakan bersama oleh masyarakat di sekitar.

"Mulanya kita melihat ini cuma hutan, kadang ada yang lihat anak-anak yang bolos sekolah bersembunyi di sini. Akhirnya kita buat saja jadi seperti ini," kata pendiri Alas Pinus, Wisnu saat berbincang dengan detikTravel, Sabtu (29/10/2016).

Rumah pohon di hutan pinus (Kartika/detikTravel)Foto: Kartika S Tarigan
Rumah pohon di hutan pinus (Kartika/detikTravel)


Alas Pinus itu kemudian dipercantik dengan beberapa rumah pohon dan spot untuk duduk hingga menginap dengan tenda. "Jadi kalau sudah cantik begini kan mereka enak mau ke sini juga. Buat foto-foto bagus," ujar Wisnu.

"Kita sudah bangun 5 rumah pohon di sini, kemungkinan nanti akan kita bangun lagi," imbuhnya.

Wisnu menjelaskan, konsep yang diterapkan dalam wisata Alas Pinus yakni ekowisata. Masyarakat terlibat langsung untuk membantu mengelola hingga menyediakan stand-stand makanan di sekitar lokasi.

"Ya jadi memang harus orang sini langsung," katanya.

Pemandangan yang hijau (Kartika/detikTravel)Foto: Kartika S Tarigan
Pemandangan yang hijau (Kartika/detikTravel)


Tempat ini juga diperuntukkan sebagai spot foto untuk menyimpan berbagai memori. Sekedar foto selfie hingga pra wedding diterima di sepanjang hutan itu.

"Kita juga sediakan seperti pintu itu ada bunganya, itu buat pre-wedding," ungkap Wisnu.

Di sana juga disediakan spot untuk mendirikan tenda persis di sebelah aliran sungai. Pengelola juga menyewakan perlengkapan untuk berkemah di sana. Hutan pinus ini bakal jadi spot asyik untuk liburan kamu berikutnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya