Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Nov 2016 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Apa Bedanya Pulau Rinca & Pulau Komodo?

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Pulau Rinca yang didominasi padang savana (Shafa/detikTravel)
Foto: Pulau Rinca yang didominasi padang savana (Shafa/detikTravel)
Labuan Bajo - Ada yang bilang lebih banyak komodo di Pulau Komodo dibanding di Rinca. Atau, Pulau Rinca pemandangannya lebih bagus dibanding Pulau Komodo. Mana yang benar?

Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT memiliki beberapa pulau. Dua yang paling terkenal adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, yang dihuni penduduk dan juga menjadi habitatnya komodo. Dua pulau ini posisinya tidak jauh-jauh amat.

Ardiansyah atau yang biasa disapa Ian, menjadi pemandu awak media dalam rangkaian perjalanan 'Let's Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia' pada 26-29 Oktober 2016 kemarin. Dirinya adalah orang asli dari Pulau Komodo.

"Baik di Pulau Komodo dan Pulau Rinca ditempati penduduk yang hidup berdampingan dengan komodo. Kedua pulau itu punya kriteria yang berbeda," katanya kepada detikTravel.

Ian tak memungkiri, memang banyak traveler yang berdebat soal Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Debatnya soal jumlah komodo di tiap pulau dan bentangan alamnya. Ian lalu menjelaskan satu-satu.

Pulau Rinca lebih banyak savananya (Bambang Prijombodho/d'Traveler)Pulau Rinca lebih banyak savananya (Bambang Prijombodho/d'Traveler)


Pulau Komodo didominasi hutan (Afif/detikTravel)Pulau Komodo didominasi hutan (Afif/detikTravel)


"Pulau Komodo lebih banyak hutan, sedangkan di Pulau Rinca lebih banyak savana," katanya.

Maka dari itu, foto-foto di internet berupa orang lagi trekking di padang savana dan bertemu komodo itu biasanya di Pulau Rinca. Padang savana di sana memang sangat luas, terlihat gersang sampai atas bukit. Namun itulah yang jadi pemandangan yang menarik.

"Kalau mau foto-foto bagus biasanya orang-orang ke Pulau Rinca," ucap Ian.

Kontur geografis seperti itu, ternyata tutur mempengaruhi komodo. Si Naga Purba di Pulau Rinca akan bersifat lebih agresif dibanding di Pulau Komodo. Karena di Pulau Rinca yang didominasi oleh padang savana, membuat cuaca yang panas makin terasa.

Komodo di Pulau Rinca ukurannya lebih kecil (Shafa/detikTravel)Komodo di Pulau Rinca ukurannya lebih kecil (Shafa/detikTravel)


Dengan cuaca yang panas pula, maka jumlah hewan buruan komodo seperti rusa di Pulau Rinca lebih sedikit dibanding di Pulau Komodo. Kata Ian, karena buruannya sedikit maka ukuran badan komodo di Pulau Rinca pun kecil-kecil.

"Ranger itu sering diserang komodo di Pulau Rinca," ungkap Ian.

Sedangkan di Pulau Komodo, ukuran komodonya lebih besar dan terlihat lebih gagah serta lebih mudah ditemui. Maka kalau mau melihat komodo sampai puas dan berfoto dengan Si Naga Purba ini, Pulau Komodo tempatnya.

Berfoto dan melihat komodo yang gagah di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)Berfoto dan melihat komodo yang gagah di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)


"Ranger di Pulau Rinca saja sampai bilang, komodo di Pulau Komodo besar-besar. Soal jumlah komodo, lebih banyak di Pulau Komodo dibanding Pulau Rinca, selisihnya hanya ratusan ekor sajalah," kata Ian.

Kedua pulau tersebut, Pulau Rinca dan Pulau Komodo masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangan. Kembali lagi ke diri kamu sendiri, maunya pergi ke pulau yang mana. Yang pasti kedua pulaunya, sama-sama keren kok! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA