Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Des 2016 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berburu Barang Bekas Eks Luar Negeri di Pasar Aviari Batam

Chaidir Anwar Tanjung
Redaksi Travel
Pasar Aviari di Batam (Chaidir/detikTravel)
Pasar Aviari di Batam (Chaidir/detikTravel)
Batam - Jika mampir di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, mampirlah ke Pasar Aviari. Ada banyak barang bekas eks luar negeri yang masuk secara ilegal dari Singapura.

Pasar Aviari ini terletak di Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji, Batam. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai dagangan eks luar negeri.

Jika biasanya penjualan barang bekas hanya berada di emperan, khusus di Batam komplek penjualannya justru berada di kawasan pertokoan yang cukup luas. Kawasan pasar modern ini berlantai dua.

Jika berkunjung ke sana, kawasan pasar tersusun rapi, tidak becek sebagaimana umumnya tempat penjualan barang-barang bekas. Seluruh pertokoan merupakan bangunan permanen dengan lantai keramik.

Sedangkan jalan yang memisahkan sisi bangunan dibuat paving block yang rapi. Sehingga tidak khawatir terkena becek, sebagaimana lazimnya sebuah pasar yang menjual barang-barang bekas.

Pasar Aviari memang ramai dikunjungi masyarakat, termasuk yang lagi berlibur di Batam. Berbagai macam dagangan eks luar negeri dijajakan di sana.

Pasar ini menjual berbagai barang eks luar negeri (Chaidir/detikTravel)Pasar ini menjual berbagai barang eks luar negeri (Chaidir/detikTravel)
Bagi yang ingin bangun rumah, juga bisa mencari kusen sesuai dengan keinginan. Ada kusen pintu, jendela yang terbuat dari kayu berkualitas hingga kusen dari aluminium.

Itu baru untuk bangunan rumah. Ada juga untuk kebutuhan dapur, mulai dari sendok, panci, kompor gas, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Untuk barang-barang pecah belah itu, konon barang tersebut merupakan eks dari hotel berbintang di Singapura.

Berbagai jenis gelas dengan merek terkenal juga bisa didapatkan di Pasar Aviari. Harga yang ditawarkan juga relatif jauh lebih murah ketimbang beli baru.

"Kadang ada yang berburu gelas-gelas cantik standar hotel di pasar ini. Begitu juga sendok dan perabotan dapur lainnya," kata Eli salah satu penjaga toko yang menjual kebutuhan peralatan dapur.

Aneka sepatu dari berbagai merek (Chaidir/detikTravel)Aneka sepatu dari berbagai merek (Chaidir/detikTravel)
Dalam pantauan detikTravel yang berkunjung di akhir pekan lalu, di pasar ini juga menjual berbagai jenis sepatu, pakaian, serta aksesoris wanita dan pria.

Tapi untuk berburu pakaian ini, dibutuhkan ketelitian. Di pasar itu tersedia berbagai jenis sepatu dengan brand bertaraf internasional. Jika ingin membelinya, harus bersabar untuk keliling satu per satu area pertokoan yang ada.

Untuk mendapatkan sepatu dengan merek terkenal, Anda bisa memilihanya. Umumnya, sepatu-sepatu bekas baik jenis out door dan sepatu sport dalam kondisi 80 persen baik.

Misalkan saja, sekelas sepatu bermerek internasional yang harganya rata-rata di atas Rp 2 juta, di pasar itu bisa dibeli dengan harga Rp 300 ribu. Tergantung Anda pandai menawar atau tidak. Tapi harga yang ditawarkan tentunya jauh lebih murah dibanding harga aslinya.

Harga barangnya pun sangat miring, bisa 70% lebih murah dari harga asli (Chaidir/detikTravel)Harga barangnya pun sangat miring, bisa 70% lebih murah dari harga asli (Chaidir/detikTravel)
Begitu juga berbagai jenis pakaian wanita dan pria. Berbagai merek terkenal dijajakan di sana. Malah, sampai urusan celana dalam dan bra bekas juga dijajakan di sana.

Ini belum lagi berbagai jenis karpet dan gorden berkualitas. Begitu juga dengan berbagai jenis tas. Mulai tas koper, tas sandang, hingga jaket dan tali pinggang.

Barang-barang bekas itu semuanya dijual bebas, sekali pun pemerintah sendiri melalui Menteri Perdagangan melarang adanya penjualan barang-barang bekas asal luar negeri.

"Semuanya ada di ual di pasar ini. Tinggal pilih, mana yang cocok beli, harganya juga murah," kata Fahmi salah seorang warga Batam yang ditemui detikTravel di Pasar Aviari.

Anda tertarik berburu barang bermerek dengan harga miring? Silahkan ke Pasar Aviari di Batam. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED