Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Jan 2017 12:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan Mengerikan di China Vs Jalan Mengerikan di Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Inilah potret jalanan mengerikan di China (Katie Hunt/CNN Travel)
Bukittinggi - China punya jalanan mengerikan sebanyak 25 tikungan. Indonesia pun tak kalah, inilah Kelok 44 di Sumbar yang total tikungannya 44!

Jalan Stillwell, begitulah nama jalanan mengerikan di China. Jalanan di lereng gunung di Kota Qinlong, Provinsi Yunnan ini sudah ada sejak masa Perang Dunia II. Dibuat oleh Jenderal AS Joseph Stillwell, yang juga menjadikan Kota Qinlong menjadi basecamp tentara AS dan sekutu untuk menghadapi Jepang (yang saat itu Jepang berusaha menduduki China).

Dalam informasi yang ditulis CNN Travel, Selasa (10/1/2016) Jalan Stillwell disebut-sebut sebagai jalan yang mengerikan di China. Jalanan ini berzig-zag dengan total jarak 4 km, serta memiliki 1..2..3.....25 tikungan!

Tentu, siapa saja yang melewati jalanan itu akan dibuat deg-degan. Harus pintar-pintar memainkan gas dan tahu kapan menginjak rem. Ditambah, pembatas jalanannya hanyalah tumpukan karung bukan pagar besi.

Foto jalanannya lebih jelas, zig-zag 24 tikungan (Katie Hunt/CNN Travel)Foto jalanannya lebih jelas, zig-zag 24 tikungan (Katie Hunt/CNN Travel)


Sebelah kiri, itulah jalanan yang mengerikan di China (Katie Hunt/CNN Travel)Sebelah kiri, itulah jalanan yang mengerikan di China (Katie Hunt/CNN Travel)


Harus hati-hati saat melaju di sana (Katie Hunt/CNN Travel)Harus hati-hati saat melaju di sana (Katie Hunt/CNN Travel)


Meski begitu, panorama di Jalan Stillwell cukup indah. Hamparan perbukitan hijau bak permadani raksasa. Tapi ya tetap saja, butuh keahlian dan jam terbang tinggi untuk memacu kendaraan di sana.

Indonesia Juga Punya Kelok 44

Di dalam negeri, Indonesia punya jalan yang tak kalah mengerikan dari Jalan Stillwell di China. Ya pasti kamu tahu, inilah Kelok 44 yang memiliki tikungan nyaris dua kali lipatnya. 44 Tikungan!

Kelok 44 berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kelok Ampek Puluh Ampek begitu masyarakat setempat menyebutnya, jalanan ini menghubungkan antara Bukittinggi dan Maninjau. Jika dari Bukittinggi, maka kita akan memulai dari kelok atau tikungan nomor 44 sampai nomor 1 ke bawahnya.

Selamat datang di Kelok 44! (Putri/detikTravel)Selamat datang di Kelok 44! (Putri/detikTravel)


Tikungan yang tajam menanti (Putri/detikTravel)Tikungan yang tajam menanti (Putri/detikTravel)


Tak main-main, tikungannya yang cukup tajam membuat para pelancong yang memacu kendarannya di sana harus fokus maksimal. Harus punya 'feeling' yang bagus juga, pintar-pintar memainkan rem dan gas.

Kamu yang jadi penumpang, maka berbahagialah. Buka jendea dan nikmati panorama di depan mata. Lihatlah, indahnya dari Danau Maninjau dari ketinggian. Cantik banget!

Menurut beberapa wisatawan, Danau Maninjau lebih cantik jika dilihat dari jauh dibanding dari dekat. Salah satu spot tepat untuk melihat Danau Maninjau adalah di rest area yang tersebar di Kelok 44.

Sampai di Kelok 37 nih! (Putri/detikTravel)Sampai di Kelok 37 nih! (Putri/detikTravel)


Harus pintar-pintar membawa kendaraan di Kelok 44 (Dikhy Sasra/detikTravel)Harus pintar-pintar membawa kendaraan di Kelok 44 (Dikhy Sasra/detikTravel)


Saat paling tepat mendatangi kelok eksotis ini adalah saat pagi hari. Karena pada pagi hari, udara masih sangat dingin dibanding saat siang hari. Pemandangan pun terasa magis karena sinar matahari masih cenderung malu-malu. Namun, bukan berarti daerah ini tidak bisa dikunjungi saat siang hari. Hanya saja matahari yang bersinar terlalu terik memantul dari permukaan danau sehingga membuat pemandangan terlihat lebih silau.

Kelok 44 pun masuk dalam daftar trek Tour de Singkarak, ajang balap sepeda di Sumatera Barat yang bertaraf internasional. Para pesepeda dunia bakal merasakan kejam dan menantangnya Kelok 44. Sekaligus yang menyaksikannya, bakal dibikin deg-deggan tapi pasti terpesona oleh keindahan pemandangan dari sana.

Jadi menurut kamu, lebih mengerikan dan lebih indah mana: Jalan Stillwell di China yang punya 25 tikungan atau Kelok 44 di Indonesia yang punya 44 tikungan?

Simak video 20detik di bawah ini:

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA