Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Jan 2017 08:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Berburu Oleh-Oleh Serba Durian di Pekanbaru

Aneka oleh-oleh serba durian di Toko Mega Rasa Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)
Pekanbaru - Tak hanya Medan, di Pekanbaru kamu juga bisa berburu aneka oleh-oleh serba durian. Salah satu tempatnya, ada di Mega Rasa Pekanbaru. Pancake duriannya juara!

Liburan ke Pekanbaru, traveler mesti pulang membawa oleh-oleh. Kalau Palembang terkenal dengan pempeknya, di Pekanbaru kamu harus cari oleh-oleh yang serba durian. Di Toko Pusat Oleh-oleh Mega Rasa yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No 397 C-D ini, kamu bisa menemukan apa yang kamu cari.

detikTravel mampir ke Pusat Oleh-Oleh Mega Rasa sesaat sebelum bertolak untuk kembali ke Jakarta pekan lalu. Dari tempat detikTravel menginap di Pesonna Hotel Pekanbaru, jarak toko ini tidak terlalu jauh. Hanya butuh kurang dari 15 menit berkendara naik mobil pun sudah sampai.

Dari penampakan luarnya, toko ini cukup besar. Terdiri dari 2 lantai, lantai pertamanya digunakan sebagai toko oleh-oleh. Sementara di lantai 2 bangunan, sepertinya digunakan sebagai usaha studio foto.

Penampakan luar Toko Mega Rasa Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)Penampakan luar Toko Mega Rasa Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)


Begitu masuk ke dalam toko, aroma durian langsung menyeruak. Ternyata para pelayan toko baru saja mengeluarkan Bolu Kemojo rasa durian yang baru saja masak dari oven, untuk didisplay di lemari kaca.

Asal traveler tahu, Bolu Kemojo adalah kue manis khas Pekanbaru yang berbentuk seperti kelopak bunga delapan. Nah, di Toko Mega Rasa ini dijual Bolu Kemojo rasa durian, dan juga rasa jagung. Tentu yang paling laris adalah yang rasa durian.

Saya pun memesan 2 buah bolu kemojo rasa durian untuk dibawa pulang ke Jakarta. Harga per buahnya hanya Rp 18.000 saja.

"Ini tunggu dingin dulu ya mas. 10 menit lagi. Kalau panas-panas dibawa nanti cepat basi," ujar salah satu pelayan toko.

Bolu Kemojo khas Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)Bolu Kemojo khas Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)


Selain bolu kemojo rasa durian, yang paling spesial tentu saja pancake durian Mega Rasa. Untuk pancake ini, disimpannya di dalam lemari pendingin. Satu kemasan isi 10 dihargai sebesar Rp 90.000.

Pancake durian di Mega Rasa ini begitu spesial karena rasa duriannya asli, bukan dari essence. Rasa manis krim yang ditambahkan semakin menambah enak pancake durian ini. Coba saja sendiri kalau tidak percaya.

Untuk traveler yang bingung bagaimana cara membawa pancake durian di pesawat, Mega Rasa menyediakan kemasan khusus berupa kotak styrofoam tahan dingin dan kardusnya. Untuk kemasan pengaman ini, traveler akan dikenakan charge tambahan sebesar Rp 10.000.

Pancake duriannya sendiri di dalam kemasan ini bisa bertahan sampai 12 jam di suhu ruang. Setelah 12 jam, pancake durian harus cepat-cepat dimasukkan lagi ke lemari pendingin agar tidak cepat basi.

Pancake durian Mega Rasa tersimpan di dalam lemari pendingin (Wahyu/detikTravel)Pancake durian Mega Rasa tersimpan di dalam lemari pendingin (Wahyu/detikTravel)


Olahan kuliner lain yang serba durian untuk dibawa pulang traveler adalah lempuk durian khas Bengkalis, selai durian, dodol, bolu durian, hingga Bolu gulung nanas pun ada. Untuk bolu durian harganya sebesar Rp 55.000 per kotak, sementara untuk bolu nanas Rp 45.000.

Untuk oleh-oleh lainnya, harganya mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per kemasan. Cukup terjangkau bukan? Kalau ke Pekanbaru, wajib rasanya mampir ke Mega Rasa sambil berburu aneka olehan kuliner serba durian sebagai oleh-oleh.

Bolu gulung durian dan bolu gulung nanas Mega Rasa (Wahyu/detikTravel)Bolu gulung durian dan bolu gulung nanas Mega Rasa (Wahyu/detikTravel)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA