Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Apr 2017 13:58 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Long Weekend Tiba! Saatnya Main ke Niagara Mini di Sumsel

Raja Adil Siregar
detikTravel
Niagara Mini di Lubuklinggau, Sumsel (Raja Adil Siregar/detikTravel)
Niagara Mini di Lubuklinggau, Sumsel (Raja Adil Siregar/detikTravel)
Sumatera Selatan - Bingung mau long weekend kemana? Sumatera selatan punya Niagara mini untuk menghilangkan penat. Yuk, main basah-basahan di air terjun Temam!

Udara segar masih terasa dikota ini, mengingat pusat kota yang dikelilingi hutan taman Nasional terluas di Indonesia dan terdapat beberapa bukit serta aliran sungai yang menambah kesegaran mata saat memandang. Tidak heran jika Lubuklinggau menjadi tujuan utama wisata di Sumsel, terutama wisata alam.

Banyak potensi wisata yang dimiliki Kota Lubuklinggau, masih menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya air Terjun Temam atau yang biasa disebut warga sebagai Niagara mini.

Air terjun ini berbeda dengan yang pernah traveler temui di daerah lain. Di sini kita akan dimanjakan dengan kesegaran air terjun yang mengalir deras dari ketinggian 12 meter dan terbentang sejauh lebih kurang 25 meter.

Long Weekend Tiba! Saatnya Main ke Niagara Mini di SumselPemandanga air terjun Temam (Raja Adil Siregar/detikTravel)
Seolah menjadikan Air Terjun Temam terlihat seperti tirai putih yang menutup dinding bebatuan dibelakangnya sebagaimana air terjun Niagara di Amerika Serikat namun berukuran lebih kecil.

Selain itu, lengkungan dinding batu dapat menjadi tempat tersendiri untuk duduk sambil menikmati sensai jatuhnya air tepat di depan mata. Serta berfoto narsis dengan beground air terjun yang tetesannya menghasilkan embun di sekitarnya. Bahkan, sangat banyak pengunjung yang langsung terjun untuk mandi dan merasakan kesegaran air terjun sembari berfoto.

Saat lelah mandi dan mengelilingi air terjun bersama teman, pacar dan saudara. Saatnya beristirahat atau sekedar tarik nafas untuk untuk mengisi lambung yang sudah mulai kosong di warung-warung yang telah disediakan dan tertata oleh Pemkot Lubuklinggau.

Tak jauh dari lokasi, terdapat beberapa bangunan seperti pendopo yang telah diberikan kursi lengkap oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dengan berbagai tanaman buah-buahan untuk dinikmati pengunjung.

Jembatan menuju air terjunJembatan menuju air terjun Foto: Raja Adil Siregar/detikTravel
Dari atas air terjun, kita dapat menikmati makanan khas seperti, mie rebus, soto ayam, pindang dan minuman segar air kelapa muda. Tentunya harus melintasi sungai menggunakan jembatan gantung yang terbentang sepanjang 35 meter diatas aliran sungai.

Tak hanya dinikmati pada siang hari, keindahan air terjun Temam yang merupakan aliran sungai temam pun bisa dinikmati pada malam hari hingga pukul 22.00 WIB.

Dimana Pemkot Pemkot Lubuklinggau mulai membangun tempat wisata dengan sentuhan teknologi sebagai pendukung, sehingga pengunjung dapat melihat sorotan lampu laser yang ke arah air terjun yang akan menghasilkan warna pelangi.

"Air terjun temam itu kebanggan kami, karena tidak hanya pada siang hari saja dapat dinikmati. Dengan sentuhan teknologi berupa lampu LED, air terjun akan terlihat semakin indah dengan berbagai warna. Inilah keunikan air terjun Temam," ujar Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe kepada detikcom, Jum'at (21/04/2017) di rumah dinasnya.

Walikota Lubuklinggau, Prana Putra SoheWalikota Lubuklinggau, Prana Putra Sohe Foto: Raja Adil Siregar/detikTravel
Menurut Nanan, sapaan masyarakat untuk walikota ini, air terjun Temam merupakan tujuan utama wisatawan yang berkunjung selain Bukit Sulap dan Kampung Warna Warni.

"Ini potensi wisata yang menjadi tujuan utama pengunjung kalau ke Lubuklinggau, makanya terus kita percantik dengan lampu-lampu dan pencahayaan yang terkesan romantis," ucapnya. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED