Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Apr 2017 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Santai Sore di Sejuknya Taman Sriwedari Solo

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Taman Sriwedari di Jalan Slamet Riyadi, Laweyan, Solo (Wahyu/detikTravel)
Taman Sriwedari di Jalan Slamet Riyadi, Laweyan, Solo (Wahyu/detikTravel)
Surakarta - Kota Solo punya banyak spot untuk menghabiskan waktu senggang di sore hari. Taman Sriwedari jadi salah satu destinasi yang sayang untuk traveler lewatkan.

Taman Sriwedari merupakan kawasan taman hiburan yang sempat nge-tren di zamannya. Di sini ada Gedung Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari, Taman Hiburan Rakyat Sriwiedari, dan juga rumah joglo besar yang bisa juga sebagai lokasi pementasan seni.

detikTravel berkunjung ke Taman Sriwedari saat libur panjang Jumat (15/4/2017) akhir pekan lalu. Saat detikTravel berkunjung, waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 sore. Suasana Sriwedari saat itu cukup ramai pengunjung, mereka dudu-duduk di sekitar taman, serta menikmati aneka sajian kuliner yang ada di sana.

Sejarahnya, Taman Sriwedari merupakan taman kota yang didirikan oleh Raja Pakubuwono X. Sejak era Pakubuwono X, Taman Sriwedari menjadi lokasi tradisi hiburan rakyat 'Malem Selikuran'. Sriwedari juga pernah menjadi lokasi penyelenggaraan PON I di tahun 1948.

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari (Wahyu/detikTravel)Taman Hiburan Rakyat Sriwedari (Wahyu/detikTravel)


Namun sayang, Taman Sriwedari saat ini tengah menjadi sengketa antara Pemerintah Kota Solo dan juga ahli waris dari pihak KRMH Wirjodiningrat, selaku adik ipar dari Pakubuwono X. Sampai sekarang, kisruh ini belum kunjung usai.

Sangat disayangkan memang, padahal secara keseluruhan lokasi Taman Sriwedari ini menarik untuk dijelajahi. Ada arena taman bermain yang cocok untuk anak-anak. Ada pula gedung pertunjukan wayang orang yang sangat bersejarah.

Pendopo joglo di Taman Sriwedari (Wahyu/detikTravel)Pendopo joglo di Taman Sriwedari (Wahyu/detikTravel)


Sore itu, langit Solo mendung tebal. Kunjungan kami di Taman Sriwedari harus diakhiri lebih cepat, karena hujan turun dengan derasnya. Terbersit satu harapan dari dalam hati, Taman Sriwedari bisa direvitalisasi dan hidup kembali seperti pada masa jayanya dulu.

Taman Sriwedari bisa menjadi pilihan liburan yang cukup murah meriah di Solo. Kawasannya sejuk, dan cocok sebagai liburan keluarga. Asalkan dilakukan perbaikan di sana sini, bukan tidak mungkin Taman Sriwedari akan jaya kembali.

Penjual mainan anak-anak di Taman Sriwedari (Wahyu/detikTravel)Penjual mainan anak-anak di Taman Sriwedari (Wahyu/detikTravel)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA