Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Apr 2017 18:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kolam Susu di Lagu Koes Plus, Sungguhan Ada di Atambua!

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Danau Kolam Susuk di Atambua (Fitraya/detikTravel)
Danau Kolam Susuk di Atambua (Fitraya/detikTravel)
Atambua - Bukan lautan, hanya kolam susu... Begitulah lirik lagu legendaris Koes Plus. Siapa sangka, tempat itu sungguhan ada di Indonesia.

"Lagu Koes Plus yang kolam susu itu terinspirasi dari destinasi wisata di Atambua," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Belu, Fridolinus Siribein kepada detikTravel dan Tim Tapal Batas detikcom ketika baru sampai di Atambua.

Sebelum kita pulang ke Jakarta, tim pun mencari lokasi itu, Minggu (2/4/2017). Danau dengan nama unik ini ada di Kecamatan Kakuluk Mesak, sekitar 23 km dari pusat Kota Atambua dan dapat ditempuh sekitar 45 menit.

Dari plang gapura gerbang masuknya, ejaannya adalah Kolam Susuk, yang kemudian dimodifikasi Koes Plus menjadi Kolam Susuk. Pemandu kami mengatakan Susuk artinya nyamuk.

Tambak ikan bandeng yang fotogenik (Fitraya/detikTravel)Tambak ikan bandeng yang fotogenik (Fitraya/detikTravel)


Tidak heran, karena daerah ini tidak jauh dari Pantai Teluk Gurita. Kawasan ini rupanya adalah area tambak bandeng. Di kanan kiri jalan menjelang Danau Kolam Susuk adalah tambang bandeng yang menyajikan pemandangan indah yang memantulkan langit.

Ada pos pengelola, namun dibiarkan kosong, agak kurang terurus sepertinya. Tugu di gerbang masuknya, malah jadi tempat istirahat kambing. Danau Kolam Susuk relatif sepi saat kami datang. Beberapa orang tampak memancing, tapi mereka adalah warga lokal.

Di seberang danau, tampak warga sedang memandikan kerbau. Sementara di dekat saya ada beberapa anak-anak mandi dengan penuh riang gembira. Sampai agak ke tengah, danau ini tidak begitu dalam.

Ada beberapa gazebo di pinggir danau untuk duduk bersantai menikmati suasana. Plang dekorasi Danau Kolam Susuk, malah tertutup oleh pepohonan.

Anak-anak mandi di danau (Fitraya/detikTravel)Anak-anak mandi di danau (Fitraya/detikTravel)


Wisatawan yang saya jumpai adalah Omdan dari Flores. Dia adalah seorang pekerja proyek Waduk Rotikulut, sebuah proyek infrastruktur besar di Kabupaten Belu.

"Kalau kerjaan proyek lagi libur, saya isi waktu liburan dengan pergi memancing ke sini. Lumayan bisa dapat mujair atau ikan kecil," ujarnya.

Danau Kolam Susuk memang cantik. Tidak heran kalau Koes Plus mengadaptasinya menjadi lagu yang legendaris. Kalau liburan ke Atambua, sekalian mampir ke sini ya!

Simak kisah-kisah lain petualangan ke Atambua di Tapal Batas Detikcom.

Simak kisah-kisah lain petualangan ke Atambua di Tapal Batas Detikcom (https://tapalbatas.detik.com/)Gazebo untuk menikmati pemandangan (Fitraya/detikTravel)
(fay/aff)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED