Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mei 2017 17:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Watu Kendil, Satu Lagi Spot Foto Menarik di Magelang

Watu Kendil di Magelang (Randy/detikTravel)
Magelang - Nama Punthuk Setumbu di Magelang tentu sudah populer di kalangan traveler. Namun selain itu, juga ada Watu Kendil yang tidak kalah menarik.

Area Perbukitan Menoreh di Magelang populer sebagai spot foto dengan latar Borobudur dan area persawahan hijau. Tak sedikit traveler yang berlomba untuk mencari spot foto terbaik di Perbukitan Menoreh.

Dari sekian banyak tempat, salah satu yang bisa jadi rekomendasi adalah Watu Kendil yang masih masuk Perbukitan Menoreh. Lokasinya berada di Desa Candirejo, sekitar 5 Km dari Candi Borobudur.

Spot foto alternatif ini pun diketahui oleh detikTravel ketika berkunjung ke Balai Desa Wisata Candirejo beberapa waktu lalu. Di kalangan wisatawan, Watu Kendil juga sudah cukup populer.

"Watu Kendil ini bagus mas, cakepnya dilihat pas sunrise," terang salah satu anggota koperasi Desa Wisata Candirejo, Hesti pada detikTravel di lokasi.

Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu dan kendil berarti periuk. Penamaan itu pun diambil dari bentuk batu di lokasi yang tampak seperti periuk.

Penasaran, detikTravel pun langsung mencari keberadaan Watu Kendil dengan menaiki motor sewaan. Namun, menemukannya bukanlah perkara mudah. Hal itu disebabkan karena masih minimnya papan penanda jalan menuju Watu Kendil.

Belokan jalan menuju Watu Kendil (Randy/detikTravel)Belokan jalan menuju Watu Kendil (Randy/detikTravel)

Alhasil, motor pun cukup sering menepi untuk bertanya pada warga lokal. Sebenarnya, Watu Kendil dapat dicapai dengan menggunakan rute alternatif atau via jalan besar. Hanya demi kenyamanan, akses dari jalan besar sudah cukup baik. Hanya saja sedikit lebih jauh ketimbang jalan alternatif yang akses jalannya masih rusak.

Setelah menemukan pintu masuk awal, perjalanan menanjak menuju Watu Kendil pun dimulai. Pastikan Anda rajin-rajin bertanya pada warga lokal hingga menemukan papan penanda yang dibuat oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Apabila telah menemukan tanda tersebut, maka lokasi Watu Kendil sudah cukup dekat. Parkirkan kendaraan Anda dan lanjutkan trekking sekitar 10 menit menuju Watu Kendil. Tenang saja, rutenya tidak securam seperti ke Punthuk Setumbu kok.

Panorama dari Watu Kendil (Randy/detikTravel)Panorama dari Watu Kendil (Randy/detikTravel)

Tiba di lokasi tujuan, traveler dapat menemukan batu berbentuk periuk dengan pemandangan cantik di baliknya. Tidak jauh dari batu juga dapat ditemukan sebuah rumah warga. Ya, Watu Kendil ini memang terletak di lahan warga.

Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda menjumpai pakaian warga hingga tikar yang mungkin saja dijemur di dekat Watu Kendil. Sayangnya lagi, ada saja traveler yang melakukan vandalisme berupa coratan di Watu Kendil.

Watu Kendil (Randy/detikTravel)Watu Kendil (Randy/detikTravel)

Namun satu yang pasti, traveler tidak boleh lupa untuk mengabadikan keindahan Magelang dari Watu Kendil. Jika cuaca cerah, bahkan tampak jajaran gunung di kejauhan. Indah bukan main!

(krn/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA