Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Mei 2017 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Segar-Segar dari Karanganyar: Air Terjun Jumog

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Air Terjun Jumog yang cantik di Karanganyar (Wahyu/detikTravel)
Air Terjun Jumog yang cantik di Karanganyar (Wahyu/detikTravel)
Karanganyar - Selain Grojogan Sewu, Karanganyar di Jawa Tengah punya air terjun lain yang tak kalah cantik. Air Terjun Jumog namanya. Segarnya bikin betah, tak mau pulang!

Kabupaten Karanganyar di Jawa Tenah punya banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi traveler. Selain punya candi-candi, Karanganyar memiliki pesona alam yang memukau. Ada Air Terjun Jumog yang akan membuat traveler terpesona akan keindahannya.

Air Terjun Jumog terletak di Desa wisata Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Untuk menuju ke air terjun ini, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Karanganyar.

detikTravel berkunjung ke Air Terjun Jumog beberapa pekan lalu, Kebetulan saat itu sedang libur long weekend. Menempuh perjalanan dari Solo, Air Terjun Jumog merupakan destinasi terakhir yang kami singgahi sore itu.

Wisatawan berfoto di Air Terjun Jumog yang cantik di Karanganyar (Wahyu/detikTravel)Wisatawan berfoto di Air Terjun Jumog yang cantik di Karanganyar (Wahyu/detikTravel)


Waktu menunjukkan pukul 16.00 saat kami tiba di Air Terjun Jumog. Cuaca saat itu sudah mulai gerimis rintik-rintik. Namun gerimis itu tidak menghalangi niat kami untuk menjelajahi Air Terju Jumog.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, kami pun masuk ke dalam kompleks tempat wisata ini. Sebenarnya ada 2 pintu masuk untuk menuju ke air terjun Jumog. Satu berada di atas, dan satu pintu lagi ada di bawah.
 Kolam renang untuk anak-anak lengkap dengan seluncuran (Wahyu/detikTravel) Kolam renang untuk anak-anak lengkap dengan seluncuran (Wahyu/detikTravel)


Jika lewat pintu atas, traveler harus menuruni kurang lebih 116 buah anak tangga. Saya rekomendasikan untuk lewat pintu masuk yang bawah, karena jaraknya lebih dekat dengan air terjun. Tapi kalau mau sedikit sensasi 'petualangan', lewat pintu atas oke juga.

Begitu melewati pintu masuk, ada kolam renang khusus anak-anak yang bisa dikunjungi bila traveler datang bersama keluarga. Kolam ini dilengkapi dengan seluncuran. Anak-anak pasti happy main di kolam ini.

Penjaja kuliner sate kelinci di Air Terjun Jumog (Wahyu/detikTravel)Penjaja kuliner sate kelinci di Air Terjun Jumog (Wahyu/detikTravel)


Berjalan lagi agak ke atas, ada penjaja kuliner di sisi kanan air terjun. Mereka menjual kuliner khas setempat. Apalagi kalau bukan sate kelinci, yang juga banyak dijajakan di sekitar Tawangmangu.

Berjalan makin jauh, bunyi derasnya aliran air terjun pun makin santer terdengar. Rupanya derasnya Air Terjun Jumog mengalir ke sungai kecil yang ada di depannya. Sungai ini dilengkapi jembatan, sehingga kita bisa berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya.
Jembatan keren tempat foto-foto traveler (Wahyu/detikTravel)Jembatan keren tempat foto-foto traveler (Wahyu/detikTravel)


Di jembatan ini, ada banyak wisatawan yang berfoto-foto. Yuli (26), salah satu wisatawan mengaku takjub akan keindahan air terjun Jumog. Dia memang baru pertama kali main ke air terjun ini. Yuli datang bersama serombongan teman.

"Bagus mas, baru pertama kali ke sini. Mau foto-foto aja sama teman-teman," ujar Yuli.
Wisatawan asyik menikmati Air Terjun Jumog (Wahyu/detikTravel)Wisatawan asyik menikmati Air Terjun Jumog (Wahyu/detikTravel)


Akhirnya, setelah kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk Air Terjun Jumog yang rupawan pun terlihat juga. Alirannya sungguh deras, berdiri di dekatnya traveler dijamin akan basah.

Tapi tidak masalah, asal traveler bawa baju ganti. Kalau enggan berbasah-basahan, traveler bisa berfoto dari jarak yang aman. Foto dari angle manapun di Air Terjun Jumog, hasilnya pasti oke punya!

Akhir pekan ini, menyambangi Air Terjun Jumog bisa jadi pilihan yang menarik untuk traveler. Jumog adalah Pesona Jawa Tengah untuk kamu kunjungi kalau liburan ke Karanganyar!

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED