Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Mei 2017 12:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Akhir Pekan ke Gorontalo, Wajib Coba Kuliner Milu Siram yang Khas!

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Milu Siram Kuah Bugis, wisata kuliner khas Gorontalo (Wahyu/detikTravel)
Foto: Milu Siram Kuah Bugis, wisata kuliner khas Gorontalo (Wahyu/detikTravel)
Pohuwato - Kalau liburan ke Gorontalo, jangan lupa berwisata kuliner khas di sana. Buat makan siang, ada milu siram kuah Bugis yang layak untuk dicoba. Enak!

detikTravel mencoba wisata kuliner milu siram kuah Bugis ini saat diajak Kemenpar ke Gorontalo awal Mei lalu. Kamis menikmati ragam sewaktu mengunjungi Festival Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Dari pusat Kota Marisa, detikTravel naik bentor alias bendi bermotor untuk sampai ke area Pantai Pohon Cinta. Cukup murah naik bentor ini, hanya Rp 7 ribu saja. Sembari naik bentor, nikmati hembusan angin Pohuwato yang masih segar dan relatif tidak berpolusi.

Butuh waktu 10 menit untuk sampai ke pantai ini. Sesampainya di Pantai Pohon Cinta, detikTravel langsung menuju ke pusat kuliner yang ada di sana. Karena lapar, langsung saja saya memesan satu kuliner khas dari Gorontalo yang dijajakan di sini yaitu Milu Siram Kuah Bugis.

Milu siram kuah bugis (Wahyu/detikTravel)Milu siram kuah bugis (Wahyu/detikTravel)
Milu Siram Kuah Bugis ini berupa kuliner sup jagung yang disiram dengan kuah Bugis. Butiran-butiran jagung yang sudah dipipil tenggelam di dalam lautan kuah Bugis yang memiliki citarasa gurih dan cenderung pedas.

Kuah Bugis ini berwarna kuning, cenderung berminyak pekat, dengan beberapa potong daging iga sapi di dalamnya. Dinamakan kuah Bugis, karena pertama kali kuliner ini dipopulerkan oleh Suku Bugis dan memang khas dari Sulawesi.

Soal rasa, kuliner ini memang juara. Jagung pipil di sop ini berfungsi sebagai pengganti karbohidrat, sehingga buat saya, tidak perlu tambahan nasi lagi. Tapi kalau traveler mau makan Milu Siram ini pakai nasi, ya bebas-bebas saja, sesuai selera.

Nasi Goreng Merah Ikan Cakalang (Wahyu/detikTravel)Nasi Goreng Merah Ikan Cakalang (Wahyu/detikTravel)
Harga kuliner Milu Siram Kuah Bugis ini hanya Rp 15 ribu saja per porsi. Sebagai teman minumnya, jangan lupa coba Es Kelapa Muda seharga Rp 5 ribu saja. Makan siang enak di Gorontalo tidak perlu mahal-mahal.

Selain Milu Siram Kuah Bugis, masih ada beberapa kuliner lain yang patut dicoba. Antara lain sate tuna, hingga nasi goreng merah cakalang yang tak kalah nikmatnya.

Ditambah dengan pemandangan Pantai Pohon Cinta yang indah tersaji di depan mata, sajian makan siang Milu Siram Kuah Bugis jadi tambah nikmat saja. Traveler wajib coba juga ya kalau liburan ke Gorontalo akhir pekan ini!

Pemandangan Pantai Pohon Cinta (Wahyu/detikTravel)Pemandangan Pantai Pohon Cinta (Wahyu/detikTravel)
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED