Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jun 2017 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Titanic Rasa Indonesia: Wreck Sophie Rickmers di Sabang

Bonauli
detikTravel
Wreck Kapal Sophie Rickmers di Sabang (Bonauli/detikTravel)
Wreck Kapal Sophie Rickmers di Sabang (Bonauli/detikTravel)
Sabang - Sabang sudah terkenal karena keindahan bawah lautnya. Bukan cuma biotanya, di dalam laut Sabang terdapat wreck yang mirip Titanic, Sophie Rickmers.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Sabang pekan lalu atas undangan dari Kementerian Pariwisata. Tidak lengkap rasanya kalau datang ke Sabang hanya duduk-duduk manis di atas pantai.

Menjelajahi alam bawah laut Sabang adalah suatu kewajiban. Tak cuma punya banyak keanekaragaman hayati, Sabang juga punya harta karun berbentuk Wreck atau kapal Nama kapal ini adalah Sophie Rickmers.

Sophie Rickmers merupakan kapal milik Jerman yang ditenggelamkan dengan sengaja ole kru kapal pada perang dunia kedua. Kapal ini sudah duduk manis di Teluk Pria Laot sekitar 100 tahun.

Ruang kapten Ruang kapten Foto: (Bonauli/detikTravel)
Inilah alasan mengapa kapal cantik ini disebut harta karun. Karena tak semua orang bisa sampai ke sini.

"Sophie berada di kedalaman 50 m sampai sekitar 68 m, ini sudah masuk deep dive jadi tak semua penyelam bisa sampai ke sini," Ujar Isfan, Dive Master dari Rubiah Tirta Divers.

Kapal ini memiliki satu patahan di tengahnya. Layaknya kapal Titanic, Sophie patah di sekitar haluan dan tenggelam dengan posisi sedikit mengangkat haluan.

"Kalau dilihat mirip Titanic," ungkap Isfan.

Bagian tengah Kapal Sophie RickmersBagian tengah Kapal Sophie Rickmers Foto: (Bonauli/detikTravel)
Untuk melihat si cantik Sophie dibutuhkan satu syarat, apa itu?

"Pertama harus punya lisensi minimal advance atau sudah pro," kata Isfan.

Tak sulit ditemukan, Wreck Sophie di tandai dengan tali dan pelampung. Sehingga para penyelam hanya tinggal turun mengikuti arah tali. Persiapan berupa tabung cadangan juga harus dipersiapkan.

Untuk menjelajahi si cantik dibutuhkan beberapa teknik dan kehati-hatian. Penyelam dianjurkan untuk turun ke badan kapal terlebih dahulu. Karena badan kapal lebih dalam dibandingkan dengan haluan.

Kemudian penyelam akan berenang ke arah haluan yang kedalamannya lebih dangkal. Sehingga penyelam tidak terkenan narcosis atau kelebihan gas nitrogen di dalam tubuh.

Bagian pinggir kapalBagian pinggir kapal Foto: (Bonauli/detikTravel)
Badan kapal memiliki panjang sekitar 134 m. Sehingga agak sulit untuk menjelajahi kapal ini dalam satu kali penyelaman.

Namun bagi yang penyuka tantangan, wreck Sophie adalah pilihan yang tepat. Karena penyelam bisa masuk ke dalam patahan dan merasakan sensasi penyelaman yang berbeda dari biasanya.

Bagian tengah Sophie dipenuhi dengan soft coral dan ikan-ikan. Walaupun ikannya tak sebanyak di daerah karang, tapi kapal Sophie sendiri sudah sangat menarik.

"Dulu kapal ini digunakan sebagai pengangkut komiditi. Sekarang jadi ikon Sabang, kalau belum nyelam di sini belum ke Sabang" tutur Isfan.

Bagian tengah kapal ini bisa dimasukiBagian tengah kapal ini bisa dimasuki Foto: (Bonauli/detikTravel)


Tiang-tiang kapal yang patahTiang-tiang kapal yang patah Foto: (Bonauli/detikTravel)


(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA