Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Jun 2017 17:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Ngabuburit Kece di Sumatera Barat

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Istano Basa Pagaruyung, Sumatera Barat (Arief Kas/dTraveler)
Istano Basa Pagaruyung, Sumatera Barat (Arief Kas/d'Traveler)
Padang - Sumatera Barat memiliki banyak destinasi menarik yang bisa traveler kunjungi. Kece banget buat ngabuburit lho.

detikTravel telah merangkum beberapa destinasi menarik di Sumatera Barat, Jumat (16/6/2017) yang bisa dijadikan destinasi menarik untuk ngabuburit. Simak ya!

Tempat Ngabuburit Kece di Sumatera BaratMasjid Raya Sumatera Barat (Bayu Haryanto/d'traveler)


1. Masjid Raya Sumatera Barat

Dari pada bengong nunggu bedug magrib di rumah, lebih baik datang ke masjid kan? Masjid Raya Sumatera Barat merupakan masjid anti gempa yang terletak di persimpangan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Arsitektur masjid yang menarik dan unik, sera kawasannnya yang luas bisa nih jadi destinasi ngabuburit. Di masjid juga terdapat takjil kok. Beribadah, wisata, takjil gratis? Serbu!

Tempat Ngabuburit Kece di Sumatera BaratPantai Padang (dok. @pantaipadang/Instagram)


2. Pantai Padang

Menikmati angin sore sambil menatap langit sore Kota Padang? Datang saja ke Pantai Padang.

Selain jalan-jalan menelusuri pantai, traveler juga bisa foto-foto dan bermain layang-layang di beberapa titik pantai. Juga banyak kok pedagang yang jualan takjil. Berbuka dengan kuliner sup pensi atau langkitang lebih cocok.

Istano Basa Pagaruyung (Merza Gamal/detikTravel Community)Istano Basa Pagaruyung (Merza Gamal/detikTravel Community)


3. Istano Basa Pagurung

Menunggu beduk sambil melihat kemegahan Istana pemerintahan Kerajaan Pagaruyung dahulu? Datang saja ke Kota Batusangkar ya traveler.

Istano Basa Pagaruyung terletak di Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Lokasinya jika dijangkau dari Kota Padang, sekitar 3 jam berkendara dengan mobil.

Traveler bisa masuk ke dalam istana dan berfoto-foto. Ada pula booth penyewaan baju adat Minang yang bisa traveler gunakan untuk berfoto.

Untuk tiket masuk, traveler cukup membayar Rp 7000 saja dan untuk penyewaan baju traveler dikenakan biaya dimulai dari Rp 35.000.

Tempat Ngabuburit Kece di Sumatera BaratGudang Ransoem (Riyan/detikTravel commnunity)


4. Museum Gudang Ransoem Sawahlunto


Jalan-jalan di dapur ketika puasa pasti bikin laper! Tetapi tidak dengan dapur yang berada di Sawahlunto ini lho. Sekarang dapur tersebut telah beralih fungsi menjadi museum.

Gudang Ransum yang berada di kota Sawahlunto ini merupakan dapur yang dibuat Belanda yang bertujuan memenuhi kebutuhan pangan pekerja tambang. Di dalam bangunan ini terdapat perlatan memasak dengan ukuran yang besar-besar lho. Maklumlah, gudang ini fungsinya memenuhi kebutuhan makan beribu-ribu pekerja tambang dahulunya.

Untuk masuk ke museum traveler membayar karcis seharga Rp 5000.

Danau Biru (dok. Oktorio Firnandes/detikTravel Community)Danau Biru Sumatera Barat (Oktorio Firnandes/d'Traveler)


5. Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru tidak hanya ada di Tanggerang lho, tetapi di Sumatera Barat juga ada. Lokasinya berada di Parambahan, Kecamatan Talawi, sekitar 13 Km dari pusat Kota Sawahlunto.

Danau ini terbentuk dari bekas areal galian tambang batubara yang lama-kelamaan terendam air dan menjadi danau kecil yang indah. Banyak kawula muda yang datang ke sini untuk berfoto-foto lho. Danau yang berwarna biru berpadu dengan coklat yang mengelilinginya. Kece!

Tidak ada biaya khusus untuk masuk ke loksasi danau. Traveler hanya dikenakan biaya parkir.

Jam Gadang (Arief Kas/d'Traveler)Jam Gadang (Arief Kas/d'Traveler)


6. Jam Gadang Bukittinggi

Siapa yang tidak tahu objek wisata keren di Sumatera Barat ini? Jam Gadang sudah melekat sekali dengan Kota Bukittinggi. Jam yang dibangun pada tahun 1926 mirip dengan Menara Jam Big Ben London lho.

Ada yang unik lho pada angka Jam Gadang. Coba traveler perhatikan angka 4 pada jam. Kita mengenal dalam angka Romawi angka empat seperti 'IV' sedangkan pada Jam Gadang berbentuk 'IIII'.

Selain melihat ngabuburit melihat jam dan foto-foto, traveler juga bisa berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional yang tidak jauh dari objek wisata. Pintar-pintar nawar ya.

Rumah Pohon Adul (dok. Agung Fernuza Muhammad/Facebook)Rumah Pohon Adul (dok. Agung Fernuza Muhammad/Facebook)


7. Rumah Pohon Abdul

Berbeda dengan rumah pohon pada umumnya yang bisa dihuni, tidak dengan rumah pohon yang terdapat di Agam ini. Rumah Pohon Abdul merupakan cafe dan resotran yang terdapat di kawasan Ngarai Sianok. Terletak di Lambah-Sianok Koto gadang, Kabupaten Agam. Hanya 3 Km dari Jam Gadang Bukittingi.

Tempat ini menyediakan aneka makanan dan minuman dengan harga relatif terjangkau lho. Harga paling mahal adalah Rp 37.000. Jadi traveler bisa berbuka di sini dan juga bisa mengadakan acara berbuka bersama di restoran.

Sembari menunggu beduk, traveler bisa berkeliling untuk berfoto sembari menikmati keindahan dari Ngarai Sianok. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Minum Darah Banteng yang Ngeri

Senin, 21 Agu 2017 18:30 WIB

Tradisi merupakan hal yang dilakukan turun menurun dan kerap kali menantang. DI pedalaman Kenya, seorang pria muda haruslah menikam dan minum darah banteng.