Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Jun 2017 08:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Pura Tirta Empul yang Dikunjungi Obama di Bali

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Pemandian suci di Pura Tirta Empul (Bayu Krisna/dTraveler)
Pemandian suci di Pura Tirta Empul (Bayu Krisna/d'Traveler)
Gianyar - Dalam liburannya ke Bali, Barack Obama sempat berkunjung ke Pura Tirta Empul di Tampaksiring. Ada apa sih di sana sampai Obama datang berkunjung?

Pada hari kelima liburan Obama di Bali, mantan orang nomor satu di AS itu menyempatkan datang ke Pura Tirta Empul kemarin sore. Diketahui ia tiba di lokasi sekitar pukul 16.15 WITa.

BACA JUGA: Bendesa Adat Tirta Empul: Obama Senang ke Sini

Kedatangan Obama dan keluarga pun langsung mencuri perhatian masyarakat dan turis yang tengah berkunjung. Obama pun disambut oleh Bendesa Adat Made Mawiarnata, dilanjutkan dengan berkeliling pura sebelum pergi pada pukul 16.45 WITA. Hanya 30 menit saja kurang lebih.

Obama saat tiba di Tirta Empul (David Saut/detikcom)Obama saat tiba di Tirta Empul (David Saut/detikcom) Foto: David Saut/detikcom

Walau hanya sebentar, sekiranya kunjungan Obama ke Pura Tirta Empul menjadi suatu kehormatan bagi masyarakat Hindu Bali. Pura Tirta Empul juga diketahui sarat sejarah dan begitu dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

"Pura Tirta Empul ini sudah memiliki daya tarik sendiri, karena ada sejarah yang menceritakan seperti mata air tirta empul yang mengalir sampai samudra, ya kamu tidak akan pernah diam, akan berkembang terus," ujar Made Mawiartana pada detikTravel di lokasi, Selasa sore (27/6/2017).

Bagi traveler yang belum tahu, Pura Tirta Empul juga disebut sebagai istana air. Selain menjadi tempat sembahyang, Pura Tirta Empul juga memiliki kolam air suci yang digunakan untuk pembersihan diri.

Pintu masuk ke area kolam pemandian (Bayu Krisna/d'Traveler)Pintu masuk ke area kolam pemandian (Bayu Krisna/d'Traveler)

Seperti yang dikatakan Made Mawiartana, air di Pura Tirta Empul dipercaya dapat membersihkan diri. Oleh sebab itu, tak sedikit masyarakat hingga turis asing yang membasuh muka di Pura Tirta Empul.

Pura itu pun terbagi menjadi tiga bagian, Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah) dan Jeroan (halaman inti). Sedangkan dua kolam keramat dapat ditemui di bagian Jaba Tengah.

Sejarahnya, dahulu kawasan Tampaksiring adalah hutan belantara yang dijadikan tempat pelarian Raja Mayadenawa yang tak membolehkan rakyatnya menyembah dewa.

Sang dewa pun marah, lalu raja murka itu melarikan diri ke tengah hutan, lalu kesaktiannya berubah jadi sebuah mata air beracun. Tapi sang dewa pun bertindak untuk merubah mata air tersebut menjadi suci dan dijadikan sebuah ritual sampai saat ini.

Masyarakat lokal yang tengah melakukan ritual Melukat (Nitha Ismail/d'Traveler)Masyarakat lokal yang tengah melakukan ritual Melukat (Nitha Ismail/d'Traveler)

Melukat adalah nama ritual menyucikan diri di kolam pemandian ini. Ritual ini sudah dilakukan sejak abad ke-10. Mereka yang ingin membersihkan diri di kolam air suci harus rela antre, baik laki-laki dan perempuan. Nama pura itu pun diambil langsung dari sumber air Tirta Empul. Dalam bahasa Hindu, Tirta Empul memiliki arti air yang menyembur keluar dari dalam tanah.

Sebelum menceburkan diri di kolam, umat Hindu melakukan sembahyang kepada Dewa. Lalu berjalan ke sebuah kolam yang terdapat 13 pancuran air suci. Setibanya mereka langsung berendam dan terlebih dulu memanjat doa, lalu membasuh muka mereka secara perlahan. Di sekitar pancuran terlihat beberapa sesaji yang dinamai canang sari.

Ritual Melukat belum usai sampai di sini, dilanjutkan berjalan ke sebuah tirta dan kembali memanjat doa dan membersihkan diri. Usai basah-basahan di dalam kolam, mereka mengeringkan diri dan ganti pakaian. Kemudian semua umat berkumpul di halaman dalam.

Pura dan kolam ini pun jadi objek wisata di Tampaksiring (Nitha Ismail/d'Traveler)Pura dan kolam ini pun jadi objek wisata di Tampaksiring (Nitha Ismail/d'Traveler)

Layaknya pura lain, Tirta Empul juga dibuat untuk menyembah salah satu Trimurti atau tiga Dewa utama dalam agama Hindu. Pura Tirta Empul pun dibuat untuk Dewa Wishnu.

Kolam pemandian ini tak hanya menjadi tempat meruwat diri, tapi juga sebagai objek wisata yang disukai turis. Ada juga peninggalan situs purbakala kerajaan di area desa ini.

Kawasan Tampaksiring juga kaya akan destinasi wisata sejarah, contohnya Istana Presiden Tampaksiring yang lokasinya sangat dekat dengan Pura Tirta Empul. Menarik sekali ya.


(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED