Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Jul 2017 13:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sensasi Beda Wisata Kuliner di Pasar Apung, Batu

Muhammad Aminudin
Redaksi Travel
Foto: Pasar Apung di Museum Angkut, Batu (Budi Sugiharto/detikTravel)
Foto: Pasar Apung di Museum Angkut, Batu (Budi Sugiharto/detikTravel)
Batu - Pasar Apung yang menjadi bagian dari Museum Angkut di Batu, begitu menarik perhatian. Traveler bisa memberi aneka kuliner tradisional yang dijual atas perahu.

Pasar Apung menjadi daya tarik tersendiri di Museum Angkut, Batu, Jawa Timur. Diresmikan pada 9 Maret 2015, Pasar Apung khusus menyajikan jajanan dan panganan nusantara.

Seperti namanya, pengelola memang mengonsep Pasar Apung hampir mirip dengan pasar terapung di Kalimantan. Hingga hadirnya pasar ini menjadi daya tarik dari Museum Angkut.

"Pasar Apung selalu ramai, karena salah satu daya tarik di sini (Museum Angkut). Dibuatnya juga mengadopsi Pasar Terapung di Kalimantan," jelas Supervisor Public Relation Museum Angkut, Nunuk Liantin kepada detikTravel, Rabu (5/7/2017).

Sensasi Beda Wisata Kuliner di Pasar Apung, BatuFoto: (Budi Sugiharto/detikTravel)
Penjual makanan menyajikan dagangannya di atas perahu. Beragam makanan tradisional yang tersedia di Pasar Apung, mulai dari bakpao, lalapan, gudeg, bakso, makanan khas Madura, soto Betawi dan ketan.

"Tema tradisional dan menusantara," ungkap Nunuk.

Tema itu secara tidak langsung menggambarkan kekayaan Indonesia akan kuliner. Pengunjung yang tidak pernah tahu akan masakan lokal bisa menemuinya di Pasar Apung.

Selain makanan, berbagai dagangan suvenir tradisional juga dijual di pasar itu. Sebagian pedagang ada yang menjualnya dengan sarana perahu, ada pula yang memanfaatkan kios yang tersedia di pasar.

(Budi Sugiharto/detikTravel)Foto: (Budi Sugiharto/detikTravel)
Traveler bisa hanya sekadar jalan-jalan di atas lantai papan kayu sembari berkeliling pasar. Tetapi jika lelah setelah mengelilingi wahana Museum Angkut, tak ada salahnya beristirahat sambil menikmati masakan tradisional yang banyak tersaji di sana. Jangan lupa untuk merasakan sensasi berlayar di atas kapal sambil menyantap makanan favorit yang dibeli.

Sejumlah perahu telah disiapkan bagi pengunjung yang ingin berkeliling di area Pasar Apung. Ratusan pengunjung pun hadir menikmati wahana ini, sembari menyantap makanan di objek wisata di lereng Gunung Panderman tersebut. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED