Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jul 2017 12:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tersembunyi Dihimpit Tebing, Cantiknya Air Terjun Maddenge Maros

Muhammad Nur Abdurrahman
Redaksi Travel
Kecantikan Air Terjun Maddenge, Maros, Sulsel (M Nur Abdurrahman/detikTravel)
Kecantikan Air Terjun Maddenge, Maros, Sulsel (M Nur Abdurrahman/detikTravel)
Maros - Kabupaten Maros menyimpan air terjun yang cantik-cantik lho. Yang satu ini tersembunyi di antara tebing, cantik sekali.

Air terjun indah di Sulawesi Selatan selama ini hanya dikenal adanya di Bantimurung, Kabupaten Maros. Di sana ada yang terkenal sebagai pusat habitat kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Sebenarnya masih ada beberapa air terjun lain di Sulsel yang tidak kalah indahnya, seperti Air Terjun Maddenge, di Desa Pattiro Deceng, Kecamatan Camba, Maros. Jarak dari Air Terjun Bantimurung terpaut sekitar 40 kilometer, melintasi kawasan Cagar Alam Karaenta menuju Kabupaten Bone.

Keunikan Air Terjun Maddenge dibanding air terjun biasa adalah luncuran air berada di antara celah tebing. Meski belum sepopuler air terjun Bantimurung, air terjun Maddenge ini mulai ramai dikunjungi traveller dan jadi buruan pehobi fotografi landscape.
Sisi lain Air Terjun MaddengeSisi lain Air Terjun Maddenge (M Nur Abdurrahman/detikTravel)



Untuk bisa sampai ke tempat ini, kita dapat menggunakan sepeda motor atau mobil untuk sampai di Dusun Maddenge yang jaraknya sekitar 2 kilometer menanjak dari Jalan Poros Maros-Bone. Setelah itu, kita berjalan kaki melewati kawasan hutan jati sekitar 1 kilometer hingga sampai di Air Terjun Maddenge.

Hamparan batu datar di sekitar air terjun sangat pas untuk menggelar tikar dan memasang tenda camping. Selain menyaksikan pemandangan air terjun, kita juga akan melihat pemandangan terasering persawahan di sekitarnya.

Bagi traveler yang mau jalan-jalan ke Air Terjun Maddenge, langsung saja ke Dusun Maddenge, Camba. Bila khawatir tersesat, jangan segan untuk bertanya ke warga Desa Pattiro Deceng. Di Kampung Maddenge, kita bisa mencari pemuda bernama Ulla atau Pak Darul, pemilik peternakan ayam dan sapi di Maddenge untuk menunjukkan lokasi air terjun yang berada di kawasan ladangnya. (mna/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED