Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Agu 2017 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebun Raya di Tengah Indonesia-Malaysia

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Kebun Raya Sekayam di Sanggau (Kurnia/detikTravel)
Foto: Kebun Raya Sekayam di Sanggau (Kurnia/detikTravel)
Sanggau - Tak jauh dari perbatasan Indonesia-Malaysia di Sanggau, ada objek wisata bernama Kebun Raya Sekayam. Seperti apa ya?

Kebun Raya Sekayam berada di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kalau dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, perbatasan Indonesia-Malaysia, objek wisata ini bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 25 menit saja.

detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu lalu dan sempat berbincang dengan Eni, pemilik Kebun Raya Sekayam. Tempat ini baru dibuka pada Januari 2016 lalu.

"Karena di sini suasana kebun, adanya di Sekayam, jadi kita menghormati nama tempat ini. Maka saya kasih (nama) Kebun Raya Sekayam. Luasnya 6 hektar," ujar Eni, pemilik Kebun Raya Sekayam.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Memang Kebun Raya Sekayam tidak seluas Kebun Raya Bogor. Namun tempatnya asri, asyik buat foto-foto dan fasilitas lengkap.

BACA JUGA: Cerita Patung Bunda Maria di Balik Air Terjun Sanggau

"Pemancingan satu, kolam renang, semua bisa. Sementara kita ada rencana mau bikin (khusus) untuk anak-anak," kata Eni.

Untuk kolam renangnya dalamnya 70-90 cm dan ukuran 12x25 meter. Untuk airnya berasal mata air alami di sekitar kebun.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
"Ada mata air, air memang kelihatan keruh tapi bersih. Belum kita saring masih betul-betul alami," tuturnya.

Selain itu di sini juga ada tempat makan, serta area santai. Di area santai dibuat jalan tanah berkerikil yang cukup lebar dengan ditanami bunga dan pepohonan di kanan kirinya.

Tak lupa ditambahkan tempat duduk buat bersantai dari ban bekas yang dicat warna-warni. Area santai ini biasanya jadi tempat foto-foto pengunjung.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Di salah satu sudut area santai dipasang papan berisi foto-foto pahlawan. Eni mengatakan bahwa foto tersebut dipasang untuk lebih memperkenalkan siapa saja pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Itu sering anak sekolah berkunjung ke sini, misal acara perpisahan. Jadi mereka bisa tahu ini gambar-gambar ini, semua, ucap Eni.

Masih di area kebun raya, Eni juga membangun Penginapan Azwa dengan 12 kamar. Harga menginap per malamnya bervariasi, misalnya Rp 200 ribu.

"Semuanya AC, kamar mandi di dalam. Kalau mau sarapan kita siapin. Kebanyakan (yang menginap) dari Beijing dari Malaysia, Jakarta," ujar wanita ini.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Eni mengatakan bahwa cukup banyak turis mancanegara terutama dari Malaysia yang singgah di penginapannya. Ke depannya, ia pun berencana menambah kamar lagi untuk penginapannya.

Di sebelah penginapan sudah disediakan musala dan toko jajanan serta oleh-oleh. Supaya traveler makin nyaman.

Nah buat traveler yang menginap atau datang untuk menikmati sajian di rumah makan, bisa langsung masuk dan tamasya kebun raya gratis. Namun kalau mau berenang biaya tiketnya Rp 10.000, memancing Rp 15 ribu, berkeliling kebun raya dan main ke area santai saja Rp 5.000.

Kebun Raya Sekayam bisa dikunjungi setiap hari. Mulai dari pagi hingga selepas sore.

Simak terus cerita jelajah Kabupaten Sanggau termasuk kawasan Entikong di Tapal Batas detikcom!

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
(krn/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED