Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Agu 2017 16:57 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Raja Ampat, Bawah lautnya (Memang) Juara

Bona
Redaksi Travel
Ilustrasi Bawah laut Raja Ampat (Thinkstock)
Ilustrasi Bawah laut Raja Ampat (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
Raja Ampat - Surga bawah laut dunia adalah nama lain dari Raja Ampat. Punya banyak keanekaragaman hayati, eksotisme dan keindahan Raja Ampat tak perlu diragukan.

Memiliki kekayaan bawah laut adalah anugerah bagi Raja Ampat. Ragamnya penghuni laut yang tinggal di dalam laut Raja Ampat, membuat mutiara hitam Indonesia ini terus-menerus menuai pujian.

Diintip detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (18/8/2017) Raja Ampat merupakan kepulauan yang memiliki 4 pulau utama. Kepulauan Raja Ampat memiliki luas 4,6 juta hektar mencakutp tanah dan laut.

Surga bawah lautnya menyimpan sekitar 540 jenis karang yang sudah diidentifikasi. Di dalamnya hidup sekitara 1511 spesies ikan dan 700 jenis moluska.

MantaManta Foto: (Jeff Yonover/The Nature Conservancy)
Bisa dibilang, kawasan laut Raja Ampat adalah daerah konservasi dunia. Karena memiliki 75 persen biota laut dari berbagai belahan dunia. Keren!

Para penyelam dunia sudah mengakui keindahan Raja Ampat. Bahkan Raja Ampat terus-menerus disebut sebagai surganya para penyelam.

Bukan hanya hamparan karang cantik dan ikan warna-warni yang akan membuai para penyelam. Tapi juga beberapa biota yang sangat jarang atau sulit udntuk di temui.

Ada Black Mantas, Pygmy seahorse, mantis shrimp dan Papuan garden eel. Biota-biota ini jadi binatang unik yang hanya akan kamu temukan di sini.

Menurut catatan detikTravel, Raja Ampat tidak membuka semua wilayahnya untuk umum. Karena daerah-daerah tersebut memang sengaja dibuat tetap asli sebagai daerah konservasi.

Telaga Bintang Raja AmpatTelaga Bintang Raja Ampat Foto: Sukma Indah Permana
Selain bahwa lautnya yang sudah pasti juara, daratan Raja Ampat juga tak kalah spesial. Kamu bisa melihat butung cendrawasih botak, cendrawasih merah, maleo, waigeo dan kus kus.

Biaya untuk berlibur ke Raja Ampat masih terbilang mahal. Kamu harus merogoh kocek sekitar 10 juta untuk dapat terbang ke sana.

Wajar saja, karena Raja Ampat tak hanya menjual destinasi biasa. Tapi surga dan wilayah konservasi dunia. Jadi, kamu harus bangga punya Raja Ampat, bangga jadi Indonesia! (bnl/aff)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED