Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Agu 2017 18:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Borobudur, Candi Terbesar di Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Candi Borobudur di Magelang (Dok. borobudurpark/Instagram)
Candi Borobudur di Magelang (Dok. borobudurpark/Instagram)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
Magelang - Rasa bangga terhadap Indonesia bukan hanya untuk masa kini. Untuk hasil karya masa lampaunya pun ada, contohnya candi terbesar dunia Borobudur.

Dihimpun detikTravel dari berbagai situs resmi, Jumat (18/8/2017), candi yang terletak di Jawa Tengah ini merupakan monumen Buddha terbesar di dunia lho. Inilah situs kuno yang juga dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Lokasi Candi Borobudur terletak di puncak bukit yang dikelilingi ladang hijau subur juga Perbukitan Menoreh. Dibangun pada abad ke-9 masa pemerintahan Dinasti Syailendra, desain candi ini mempunyai arsitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India terhadap wilayah ini. Namun, banyak elemen dalam pembuatan Borobudur yang menjadikannya tetap khas Indonesia.

Candi ini adalah candi Buddha terbesar di dunia (Randy/detikTravel)Candi ini adalah candi Buddha terbesar di dunia (Randy/detikTravel)

Ukuran tapak Borobudur bisa dibilang sangat luas, yakni 123 x 123 meter. Hal itu pulalah yang menjadikannya sebuah keajaiban. Tak hanya itu, Borobudur dihias dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

Traveler pasti tahu bila pembangunan Borobudur tanpa menggunakan semen. Inilah bentuk bangunan yang strukturnya seperti sekumpulan blok Lego yang saling terkait dan menempel tanpa lem satu sama lain.

Candi yang juga dijadikan tempat memuja para dewa ini tetap kuat, bahkan pernah selama sepuluh abad dan baru ditemukan kembali pada tahun 1815 terkubur di bawah abu vulkanik. Pada tahun 1970-an, butuh waktu 8 tahun pemerintah Indonesia dan UNESCO bekerja sama untuk merevitalisasinya kembali.

Relief di badan candi (Randy/detikTravel)Relief di badan candi (Randy/detikTravel)

Candi ini dihiasi dengan ukiran batu yang juga disebut relief kehidupan Buddha. Para ahli mengklaim bahwa relief tersebut adalah yang terbesar dan paling lengkap dari relief Buddha di dunia, juga tak tertandingi dalam dunia artistik.

Cara terbaik untuk menjelajahi situs ini adalah dengan berjalan kaki. Saat traveler mendaki ke puncaknya, akan ada ukiran batu yang rumit yang disebut relief. Jangan lupa untuk sedikit meluangkan waktu mencari tahu sejarahnya ya.

Ada buku panduan tersedia seharga Rp 50 ribu. Hal yang bijaksana jika membelinya, karena dapat memandu traveler saat berkeliling. Gambaran besarnya, Borobudur mempunyai 3 tingkatan yakni Kamadhatu atau alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang, Rupadhatu atau alam peralihan di mana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia, dan Arupadhatu yaitu alam tertinggi atau rumah sang pencipta.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak jangan lewatkan daerah taman berumput hijaunya ya. Selepas mengunjungi itu semua, carilah oleh-oleh khasnya.

Cara ke Borobudur:

Borobudur hanya berjarak 1 jam perjalanan dari Yogyakarta. Cara termudah untuk sampai ke sana adalah dengan mengikuti agen tur atau menyewa mobil. Selama perjalanan, nikmatilah udara segar Kota Magelang. Anda dapat memasuki komplek Candi Borobudur dengan berjalan kaki atau menyewa kendaraan Andong. Alamatnya di Jl Raya Magelang-Yogyakarta.

Jam buka dari pukul 06.00 sampai 05.00 WIB. Informasi tarif wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk, untuk usia 10 tahun keatas Rp 40.000 dan usia 3 s/d 10 tahun Rp 20.000.

(rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED