Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Agu 2017 18:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Surfing di Sungai, Indonesia Punya!

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Gelombang Bono di Sungai Kampar, keajaiban dari Indonesia (Dok Kemenpar)
Gelombang Bono di Sungai Kampar, keajaiban dari Indonesia (Dok Kemenpar)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
Pelalawan - Siapa bilang surfing selalu di laut? Indonesia punya kawasan surfing di sungai. Penasaran seperti apa ombaknya?

Mungkin sungai ini pantas disabeti gelar tempat surfing terunik di dunia. Bagaimana tidak? Jika biasanya di sungai hanya bisa arum jeram dan wahana sampan, namun di sungai ini kita bisa surfing!

Dikumpul detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (18/8/2017) sungai yang memiliki ombak ajaib ini adalah Sungai Kampar, Riau. Sungai ini memiliki Gelombang Bono yang menjadikan sungai ini berombak.

Gelombang Bono adalah peristiwa alam yang terjadi akibat bertemunya arus pasang air laut dengan muara sungai yang lebar. Ditambah dengan angin dan tebing di kanan kirinya, terciptalah ombak sungai sangat menantang. Berani coba?
Surfing di sungai ttidak semudah surfing di laut lho! Surfing di sungai tidak semudah surfing di laut lho! Foto: (Albert Saniko/detikTravel)
Warga lokal Riau percaya, Bono yang ada di Sungai Kampar adalah Bono Jantan, sedangkan Bono Betinanya ada di Sungai Rokan, Bagansiapi-api. Jumlah Bononya ada 7 ekor, makanya gelombang Bono di sini sering disebut juga sebagai gelombang tujuh hantu.

Gelombang Bono pun memanjang sekitar 300 meter, dengan ombak yang terbentuk sampai setinggi 6 meter dan kecepatannya 40 km per jam. Belum lagi, suara dari hempasan gelombangnya akan bikin merinding.

Gelombang menantang ini bergerak dari arah muara menuju hulu sungai atau diawali dari Pulau Muda sampai dengan Teluk Binjai di Sungai Kampar.

Sekarang, Gelombang Bono pun sudah menjadi atraksi wisata yang paling terkenal di Indonesia. Gelombang ini jadi tempat bermainnya para peselancar dunia. Bermain surfing di sungai tidak semudah bermain di laut lho! Dibutuhkan nyali dan skill yang tinggi untuk dapat surfing di sungai ini.
Butuh kemampuan khusus untuk bisa berselancar di Gelombang Bono Butuh kemampuan khusus untuk bisa berselancar di Gelombang Bono (dok kemenpar)
Karena air sungai, papan surfing akan lebih sulit digerakan. Gelombang yang melesat dengan kekuatan yang besar, membuat papan surfing mudah terhentak. Maka dari itu sekali lagi, hanyalah peselancar profesional yang diizinkan bermain di sana.

Bila traveler penasaran ingin melihat Sungai Kampar,'rumah' Gelombang Bono, datang saja ke Teluk Meranti, Kabupaten Palalawan, Riau. Dari Kota Pekanbaru, dibutuhkan perjalanan sekitar 6-7 jam untuk tiba di sana. Bila ingin bermalam, traveler tidak usah khawatir, di sana banyak homestay kok. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED