Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Agu 2017 22:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bangga! Naga Purba Cuma Ada di Indonesia

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Naga Purba alias komodo (Shafa/detikTravel)
Naga Purba alias komodo (Shafa/detikTravel)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
Labuan Bajo - Naga purba alias komodo habitat aslinya di Indonesia. Komodo dikenal di dunia mancanegara dan menarik banyak turis datang berkunjung ke habitat aslinya di NTT.

Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang habitat aslinya di Indonesia, seperti Pulau Komodo serta Pulau Rinca yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Maggarai, NTT. Panjang seekor komodo ini bisa mencapai 2-3 meter dan berat 70 kg.

Melihatnya langsung di alam bebas pun tentunya menjadi pengalaman liburan tak terlupa. Traveler memang bisa melihat komodo di sejumlah kebun binatang. Namun tentunya beda dengan sensasi melihat langsung naga purba ini di habitat aslinya. Misalnya saja di Pulau Komodo, seperti saat detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu silam.

Traveler bisa melihat langsung bentuk tubuhnya yang memanjang dan memiliki ekor. Komodo ini hewan karnivora yang memakan daging bangkai. Kukunya tajam, biasa digunakan untuk bertarung.

Bangga! Naga Purba Cuma Ada di Indonesia(Anggoro Suryo Jati/detikTravel)


Selain itu komodo juga punya senjata lainnya untuk menangkap mangsa. Terutama air liur yang mengandung 60 bakteri mematikan. Mangsa yang diserang dan terkena air liurnya akan lemas tak berdaya dalam hitungan hari.

Saat itu barulah komodo memakannya. Jadi komodo tidak menyerang dan langsung memakan mangsa, melainkan menanti mangsanya lemah tak berdaya. Komodo juga bisa lari dengan cepat, memiliki kemampuan berenang hingga 300 meter dan mampu mencium darah hingga radius 7 km.

Bisa dibilang komodo layak masuk daftar hewan berbahaya di dunia. Untuk komodo yang tinggal di Pulau Komodo umumnya berukuran lebih besar dari yang di Pulau Padar. Kalau ingin berkunjung ke Pulau Komodo dan bertemu langsung dengan naga purba itu, traveler bisa memilih untuk trekking.

Bangga! Naga Purba Cuma Ada di Indonesia(Afif Farhan/detikTravel)


Di Pulau Komodo telah disediakan kawasan khusus untuk trekking dengan 4 tipe yakni Short Trek, Medium Trek, Long Trek dan Adventure Trek. Jarak yang ditempuh untuk Short Trek sejauh 1 km, Medium Trek 1,5 km, Long Trek 2 km dan Adventure Trek 7-8 km.

Dalam Short Trek, hanya terdapat beberapa tanjakan. Di Medium Trek, terdapat tiga perbukitan kecil. Di Long Trek, lebih banyak perbukitan dan lebih menantang. Sedangkan pada Adventure Trek, lebih masuk ke dalam hutan, melewati hutan bambu hingga jalur yang lebih ekstrem.

Untuk bertemu komodo sebaiknya pilih Medium Trek atau Adventure Trek. Nanti kamu bisa berfoto dengan komodo yang ditemui, tapi tentunya dari jarak aman dan bersama ranger. Selama trekking ranger akan selalu menemani traveler.

Traveler dilarang untuk berjalan sendiri, membuat gaduh dan bergerak secara tiba-tiba. Semua ini demi keamanan wisatawan. Pastinya kalau mengikuti peraturan, semua bakalan aman terjaga.

Bangga! Naga Purba Cuma Ada di Indonesia(Afif Farhan/detikTravel)
(krn/aff)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.