Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Agu 2017 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tas Raksasa Ini Cuma Ada di Aceh

Datuk Haris Molana
Redaksi Travel
Foto: Tas Raksasa di Aceh (Datuk Haris/detikTravel)
Foto: Tas Raksasa di Aceh (Datuk Haris/detikTravel)
Lhokseumawe - Gampong Expo Kota Lhokseumawe 2017 tak hanya sekedar pameran budaya dan kuliner Aceh. Selalu ada hal menarik di sana. Kali ini ada tas raksasa di tengahnya.

Hal yang unik muncul di arena Gampong Expo Kota Lhokseumawe 2017. Selain menampilkan berbagai kuliner, budaya dan kerajinan tradisional disetiap standnya namun muncul keunikan di tengah lapangan tempat acara itu gelar.

Ya, hal unik itu adalah tas raksasa yang dibuat dengan ukuran tidak sewajarnya. Tas bermotif Aceh itu menjadikan setiap mata yang berkunjung menoleh sejenak kepadanya.

Tas itu bukan untuk dijual melainkan hanya sebuah pajangan. Keren, itulah salah satu hasil binaan Bank Indonesia (BI) cabang Lhokseumawe.

Tas Raksasa Ini Cuma Ada di AcehFoto: Datuk Haris/detikTravel


"Tas ini hanya sebagai pajangan saja. Untuk menarik perhatian para pengunjung yang hadir di arena Gampong Expo Kota Lhokseumawe," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe Yufrizal kepada detikTravel baru-baru ini.

Yufrizal menjelaskan tas itu memiliki panjang 3,25 meter, tinggi 1,5 dan memiliki lebar 1,4 meter. Untuk kainnya menghabiskan 27 meter kain prada, kain lapis kawat 25 meter dan kain krah 6,5 meter. Tas ini dijahit dengan benang berjenis ekstra 36 gulung, rakit 10 gulung dan perekat dua gulung.

"Tas ini merupakan bagian dari binaan BI Lhokseumawe di Aceh Utara. Di sana, ada puluhan tas dengan berbagai jenis dan ukuran. Tentunya bermotif Aceh. Tas ini juga sudah melanglang buana ke negara tetangga," sebut Yufrizal.

Untuk diketahui, selama beberapa hari ke depan ada pagelaran Gampong Expo Kota Lhokseumawe tahun 2017. Sebanyak 67 desa di Lhokseumawe memamerkan ide dan gagasan kreatifnya mulai dari sajian kuliner, budaya dan kerajinan tangan lokal yang menjadi daya tarik Lhokseumawe di mata Indonesia.

Tas Raksasa Ini Cuma Ada di AcehFoto: Datuk Haris/detikTravel


Pagelaran Gampong Expo wujud nyata keseriusan pemerintah setempat dalam memanfaatkan dana desa agar setiap desa mampu memikirkan gagasan kreatif dalam mengembangkan potensi desanya sehingga bisa menambah taraf hidup masyarakat.

Tentunya hasil dari gagasan kreatif itu dipamerkan di pagelaran Gampong Expo Kota Lhokseumawe 2017 yang perdana di Aceh maupun di Indonesia dengan memanfaatkan dana desa.

"Ini merupakan gagasan baru dan sangat menarik. Hal ini perlu dilakukan, bisa sebagai ajang promosi Lhokseumawe juga untuk mendemontrasikan hasil dari pemanfaatan dana desa kepada pemerintah pusat bahwa Aceh telah memanfaatkan dana desa dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah kepada detikcom usai membuka pagelaran Gampong Expo Kota Lhokseumawe 2017. (bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Sudah Tahu Chin Swee Temple?

Selasa, 17 Jul 2018 11:55 WIB

Tak jauh dari Kuala Lumpur, Genting Highland menawarkan suasana yang berbeda untuk melengkapi liburan. Ada Chin Swee Temple yang bagai berada di atas awan.