Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Agu 2017 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Belum Sah ke Ternate, Kalau Belum Coba Nasi Kuning

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Nasi kuning Al Hikmah yang melegenda (Wahyu/detikTravel)
Nasi kuning Al Hikmah yang melegenda (Wahyu/detikTravel)
Ternate - Melancong ke Ternate, ada satu jenis kuliner yang kamu wajib coba yaitu nasi kuning. Belum sah rasanya ke Ternate kalau belum makan nasi kuning di sana.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner nasi kuning di Ternate ada di Rumah Makan Al-Hikmah. Rumah makan satu ini sudah terkenal seantero Ternate kalau untuk urusan nasi kuning. Lokasinya ada di Jalan AIS Nasution Ternate Tengah.

Dari pagi, siang sampai sore, rumah makan ini seperti tidak pernah sepi. Pengunjung datang silih berganti. Pengunjungnya berasal dari beragam kalangan, tetapi rata-rata mereka memesan menu yang sama: nasi kuning ikang telur.

detikTravel berkunjung ke Rumah Makan Al Hikmah 2 minggu yang lalu bersama dengan tim survey Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 untuk menikmati seporsi nasi kuning Al Hikmah yang sudah tersohor itu.

Suasana Rumah Makan Al Hikmah (Wahyu/detikTravel)Suasana Rumah Makan Al Hikmah (Wahyu/detikTravel)

Dari Bandara Ternate, rombongan kami tiba di Al Hikmah pada pagi hari. Pas banget waktunya untuk sarapan. Berhubung sudah lapar, kami pun langsung memesan menu andalan dari rumah makan ini: nasi kuning ikang telur.

Tak lama kemudian, datanglah apa yang sudah kami nanti-nantikan selama ini, seporsi nasi kuning ikang telur. Isinya ada nasi kuning, dengan mie, kering kentang, telur balado, acar mentimun, dan tentu saja potongan ikan tongkol berbumbu.

Pelayan meladeni nasi kuning (Wahyu/detikTravel)Pelayan meladeni nasi kuning (Wahyu/detikTravel)

Tanpa ba-bi-bu lagi, kami langsung menyicipi nasi kuning ini. Rasanya memang maknyus seperti yang diceritakan orang-orang. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan rica (sambal cabe) sendiri, kecap, hingga kerupuk dan emping melinjo.

Dalam sehari, Rumah Makan Al Hikmah bisa menjual sampai lebih dari 100 porsi nasi kuning. Nasi kuning di Ternate sendiri bisa dimakan kapan saja, pagi-siang-malam, oke-oke saja. Sama nikmatntya!

"Nasi kuning enak dimakan kapan saja. Tidak pernah sepi, selalu ada tamu," ujar salah satu pelayan.

Rumah makan Al Hikmah yang terkenal di Ternate (Wahyu/detikTravel)Rumah makan Al Hikmah yang terkenal di Ternate (Wahyu/detikTravel)

Satu porsi nasi kuning Al Hikmah dihargai sekitar Rp 16 ribu. Harga yang sepadan, karena rasanya enak dan bikin kenyang.

Selain nasi kuning, di Rumah Makan Al Hikmah ada berbagai macam menu lainnya seperti Gule Kambing, Sup Ayam Kampung, hingga Nasi Kebuli. Saran saya, coba dulu nasi kuning-nya, baru kamu boleh icip-icip menu yang lainnya. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED