Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Agu 2017 17:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nusa Ra, Permata Baru di Halmahera Selatan

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Pulau Nusa Ra, permata baru dari Halmahera Selatan (Wahyu/detikTravel)
Pulau Nusa Ra, permata baru dari Halmahera Selatan (Wahyu/detikTravel)
Labuha - Nama Halmahera Selatan memang belum banyak terdengar di telinga traveler. Padahal, di sini ada banyak gugusan pulau cantik. Salah satunya Nusa Ra.

Nusa Ra, begitu nama pulau di Kabupaten Halmahera Selatan ini. Nusa Ra dalam bahasa lokal berarti Pulau Besar. Nusa : Pulau, Ra: Besar.

Nusa Ra jadi salah satu pulau di antara ratusan pulau di Halmahera Selatan yang tengah dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan di sana. Itu terlihat dari beberapa resort yang sudah berdiri di pulau tersebut.

detikTravel bersama rombongan Tim Survey Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 diajak melancong ke Nusa Ra 2 pekan yang lalu. Dari Kota Labuha di Pulau Bacan, perjalanan menuju ke Nusa Ra menempuh waktu kurang dari 30 menit naik speedboat. Cukup dekat memang.

Pemandangan pantai di Nusa Ra (Wahyu/detikTravel)Pemandangan pantai di Nusa Ra (Wahyu/detikTravel)


Dari kejauhan, sudah terlihat pemandangan memukau dari Pulau Nusa Ra. Pulau ini punya hamparan pantai pasir putih dengan garis yang cukup panjang. Air lautnya bergradasi biru gelap dan toska.

Dengan hiasan nyiur di sepanjang garis pantai, Nusa Ra terlihat teduh dari kejauhan. Di sisi lain pulau, hamparan padang lamun terlihat seperti permadani yang melapisi lautan. Di sinilah ikan-ikan kecil mencari makan dan berenang ke sana ke mari dengan riang.

Penginapan di Nusa Ra (Wahyu/detikTravel)Penginapan di Nusa Ra (Wahyu/detikTravel)


Muhammad Nur Kamarullah, Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Selatan mengungkapkan Pulau Nusa Ra ini sudah dikembangkan jadi destinasi wisata sejak 3 tahun ke belakang. Penginapan-penginapan sudah dibangun oleh pemerintah daerah. Infrastruktur pendukung juga disiapkan. Semua dilakukan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Nusa Ra.

"Kita bangun ada 16 unit. Semua bisa disewa wisatawan. Sehari tarifnya Rp 500 ribu, sudah termasuk makan," kata Nur kepada detikTravel.

Kebanyakan yang berkunjung ke Nusa Ra masih wisatawan lokal. Untuk turis mancanegara-nya, Nur menyebut masih belum terlalu banyak. Ke depannya, Nur akan membangun infastruktur tambahan dari pelabuhan, wahana permainan air, hingga jembatan yang menghubungkan Nusa Ra dengan pulau tetangganya, Nusa Deket.

Penginapannya oke banget (Wahyu/detikTravel)Penginapannya oke banget (Wahyu/detikTravel)


Traveler bisa mengeksplorasi keindahan Nusa Ra kalau kebetulan berniat untuk liburan ke Halmahera Selatan. Pulau ini masih tergolong 'perawan', karena belum banyak yang berkunjung ke sini.

Melancong ke Nusa Ra yang sepi, membuat traveler serasa sedang liburan di pulau pribadi. Sedikit menyepi dari kehidupan kota besar pasti akan membuat pikiran makin tenang. Yuk, coba! (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED