Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Sep 2017 19:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Mahkota 'Keramat' Kesultanan Ternate

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto Mahkota Sultan Ternate yang konon rambutnya bisa tumbuh panjang (Wahyu/detikTravel)
Foto Mahkota Sultan Ternate yang konon rambutnya bisa tumbuh panjang (Wahyu/detikTravel)
Ternate - Kesultanan Ternate menyimpan peninggalan yang cukup 'keramat', yaitu mahkota Raja yang konon rambutnya bisa bertambah panjang dengan sendirinya. Ajaib memang!

Kisah tentang mahkota Sultan Ternate yang rambutnya bisa bertambah panjang sendiri memang sudah melegenda. Rasanya tidak afdhol bila berkunjung ke Ternate tanpa melihat atau minimal mendengar langsung kisah ini.

detikTravel bersama rombongan Tim Survey Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 mendengar kisah yang sama sewaktu berkunjung ke Kedaton Sultan Ternate pertengahan Agustus lalu. Kisah ini diceritakan langsung oleh Hidayat Mudaffar Syah, putra keempat Sultan Mudaffar Syah, Sultan Ternate yang terakhir.

Hidayat bercerita, mahkota ini sudah menjadi bagian dari Kesultanan Ternate sejak ratusan tahun silam. Mengenai asal-usulnya, Hidayat tidak bisa memastikan sebab dari zaman kakek moyangnya, mahkota ini sudah ada.

"Usianya berapa ya, saya nggak bisa pastikan. (mahkota -red) ini dari zaman kakek nenek saya sudah ada," tutur Hidayat.

Hidayat Mudaffar Syah (Wahyu/detikTravel)Hidayat Mudaffar Syah (Wahyu/detikTravel)
Hidayat membenarkan kisah-kisah yang menyebut bahwa rambut yang ada di mahkota Sultan Ternate bisa tumbuh panjang. Malah ada ritual khusus yang dilakukan guna memotong rambut yang ada di mahkota tersebut. Satu-satunya orang yang boleh memotong rambut di mahkota, hanyalah Sang Sultan Ternate sendiri.

"Ritualnya dilakukan di ruang tertutup, tidak sembarang orang boleh lihat. Ada tetua adat, lalu dia menari sambil memberikan petuah-petuah. Setelah selesai, baru rambut di mahkota digunting. Hanya sultan yang boleh menggunting," kisah Hidayat.

Mahkota yang tampak berambut panjang saat dikenakan Sultan Ternate sebelumnya (Wahyu/detikTravel)Mahkota yang tampak berambut panjang saat dikenakan Sultan Ternate sebelumnya (Wahyu/detikTravel)
Ritual pemotongan rambut ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Pelaksanannya juga tergantung dari titah Sang Sultan. Biasanya dilakukan pada Hari Raya Idul Adha.

Hidayat bercerita rambut mahkota yang bisa tumbuh panjang ini pernah diteliti oleh Tim Peneliti dari AS. Sampel rambut dibawa ke Amerika untuk diteliti lebih lanjut, dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

"Peneliti dari Amerika itu kebingungan. Kalau rambut ini dari manusia, manusia jenisnya apa, dan kalau dari hewan, hewannya jenis apa. Strukturnya tidak sama dengan rambut manusia atau rambut hewan. Tidak ada yang tahu ini rambut apa," kata Hidayat.

Mahkota saat dipakai Sultan Ternate yang terakhir, Sultan Mudaffar Syah, rambutnya tampak lebih pendek (Wahyu/detikTravel)Mahkota saat dipakai Sultan Ternate yang terakhir, Sultan Mudaffar Syah, rambutnya tampak lebih pendek (Wahyu/detikTravel)
Mahkota saat dipakai Sultan Ternate yang terakhir, Sultan Mudaffar Syah, rambutnya tampak lebih pendek (Wahyu/detikTravel)

Sayang, mahkota Sultan Ternate saat ini tidak bisa dilihat oleh publik, dan masih tersimpan di ruangan khusus. Mahkota ini dijaga sampai Sultan Ternate yang baru resmi terpilih.

Tapi traveler bisa melihat foto-foto Sultan yang sedang mengenakan mahkota. Kamu bisa membandingkan rambut yang ada di mahkota sultan dari masa ke masa. Ada yang masih panjang, ada pula yang sudah dipotong pendek. Boleh percaya boleh tidak. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA