Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Sep 2017 16:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Ribuan Sampah di Gunung Menjadi Gazebo di Purbalingga

Arbi Anugrah
Redaksi Travel
Foto: (Arbi Anugrah/detikTravel)
Foto: (Arbi Anugrah/detikTravel)
Purbalingga - Kalau traveler mendaki Gunung Slamet kunjungi pula gubuk botol plastik ini. Hasil karya ini merupakan kumpulan sampah dari para pendaki.

Sampah-sampah itu dikumpulkan kemudian dibentuk sebagai dinding-dinding gazebo botol dan menara. Lokasi gubuk botol tersebut berada di jalur pendakian Gunung Slamet atau sekitar 1 kilometer dari gerbang pos pendakian kearah pos 1 puncak Gunung Slamet yang berada di Dusun Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

Menurut Slamet Ardiansyah, Pengelola Pos Pendakian Gunung Slamet mengatakan jika ribuan botol botol plastik bekas tersebut dikumpulkan dari sampah pendaki. Lalu, sampah itu dibentuk seperti gubuk untuk menjadi daya tarik tersendiri.

"Ribuan botol itu diambil dari sampah pendaki, kalau sampahnya dibuang ke TPS. Sejak lebaran sudah 10 truk sampah yang mengangkut," ucapnya di basecamp pendakian Gunung Slamet kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Ide membuat gubuk dan menara dari botol botol plastik tersebut untuk mengingatkan para pendaki, jika sampah plastik merupakan sampah yang sulit didaur ulang. Kemudian sebagai pengingat juga jika sampah yang dibawa pendaki wajib dibawa turun ke bawah, sehingga sampah-sampah itu tidak mengotori Gunung Slamet.

"Ada pesan-pesan juga agar sampah dapat dibawa turun, karena biasanya semakin banyak pendaki yang naik, semakin banyak juga sampah yang dibawa pendaki, makanya harus dibawa turun," ujarnya.

Selain berada di jalur pendakian, lokasi tersebut juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum yang ingin berwisata. Traveler hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

"Jadi ini lebih seperti wisata keluarga, tidak hanya pendakian saja. Ke depan rencananya juga akan dibuatkan home stay dan lokasi berkemah yang dibuat dari botol bekas," ucapnya.

Selain gubuk-gubuk yang serba terbuat dari botol, di lokasi itu juga dibuat fasilitas untuk orang orang yang hobi berselfie. Ada spot-spot yang kece dengan latar alam yang indah.

Yang pasti jangan buang sampah sembarangan di Gunung Slamet. Pastikan traveler bawa turun sampah tersebut karena petugas jaga akan mengecek setiap sampah yang kalian bawa, apakah sesuai dengan data logistik yang kalian bawa atau tidak. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED