Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Sep 2017 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan di Jepara, Wajib Mampir ke Desa Wisata Plajan

Wikha Setiawan
Redaksi Travel
Foto: Objek wisata Akar Seribu di Desa Plajan (Wikha Setiawan/detikTravel)
Foto: Objek wisata Akar Seribu di Desa Plajan (Wikha Setiawan/detikTravel)
Jepara - Selain wisata pantai, ada Desa Wisata Plajan yang asyik buat menghabiskan akhir pekan. Banyak objek wisata cantik yang masih anti mainstream di sana.

Desa Plajan berada di ujung timur Kecamatan Pakis Aji dan berjarak 22 kilometer dari pusat Kota Jepara. Namun, desa ini memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Desa ini memang tidak mempunyai pantai, namun wilayah dataran dan perbukitannya asyik buat dijelajahi. Sedikitnya ada lima potensi wisata yang dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa setempat. Lima tempat itu di antaranya objek wisata Akar Seribu, Gua Sakti, Gong Perdamaian, Sirkuit Bumi Arofah, serta Pura Darmaloka.

Objek wisata Akar Seribu sendiri merupakan julukan untuk pohon karet yang tumbuh akar dari ranting yang menjulur turun ke bawah memberikan nuansa eksotik bagi pohon ini. Lingkungan alam yang asri ini banyak dikunjungi wisatawan terutama di hari libur.

Pada awalnya, pohon karet yang ditanam oleh seorang warga bernama Sumani pada tahun 1931, itu untuk penghijauan dan penahan longsor. Namun, kemudian tumbuh besar dan semakin indah dengan akarnya.

Akhir Pekan di Jepara, Wajib Mampir ke Desa Wisata PlajanFoto: (Wikha Setiawan/detikTravel)
Saat ini, objek wisata Akar Seribu memiliki area seluas 25 hektar lahan yang berupa hutan rakyat. Bagi pengunjung juga dapat menikmati panorama hutan melalui gardu pandang dan gazebo di sekitar pohon karet tersebut.

"Pada kawasan ini juga terdapat petilasan Ki Kerto Guno yang konon merupakan pedagang rempah-rempah dari Kota Jepara. Disamping itu, juga ada Tebing Kepondang, Gowok Macan, Tebing Beringin yang menambah keindahan wisata ini," ungkap Kepala Desa Plajan, Prihatin.

Tak kalah indahnya lagi, wisatawan dapat berjalan ke selatan sekitar satu kilometer dari Akar Seribu terdapat Gua Sakti. Konon, Gua Sakti dulunya disebut Gua Langkir karena merupakan tempat bertapa Mbah Langkir hingga moksa (hilang bersama raga).

Seiring dengan perkembangan waktu, gua tersebut dijadikan ritual kelompok barongan atau kesenian kuda lumping desa setempat. Hingga kemudian saat ini dikenal Gua Sakti.

Tempatnya yang teduh, dan gemericik air ditambah dengan sarana dan prasarana seperti taman dan gazebo, lokasi Gua Sakti dapat dikunjungi bagi mereka yang suka ketenangan.

"Tidak ada yang tahu persis tebing itu membentuk gua. Tapi konon merupakan tempat bertapa seorang yang bernama Mbah Langkir, dan juga tempat tirakatan kelompok kesenian barongan," papar dia.

Akhir Pekan di Jepara, Wajib Mampir ke Desa Wisata PlajanFoto: (Wikha Setiawan/detikTravel)
Meski berlokasi di ujung timur Kecamatan Pakis Aji, Desa Plajan cukup mudah dijangkau. Selain akses jalan sudah baik, hampir di tiap pertigaan dan perempatan jalan terpasang penunjuk arah. Bahkan, para pengunjung sudah disuguhi panorama pedesaan di sepanjang jalan dan warga yang ramah.

"Jarak Desa Plajan dari pusat Kota Jepara sekitar 22 kilometer," tuturnya.

Bagi pengunjung yang membawa rombongan dapat menikmati Desa Wisata Plajan dengan sistem paket. Untuk paket sehari-semalam Rp 115.000 per orang dengan fasilitas 5 tempat wisata, welcome drink, 3 kali makan, homestay, dan guide.

"Memang belum banyak yang menggunakan paket, tapi sudah ada. Biasanya dari instansi-instansi," tandasnya

Ketua Pokdarwis Desa Plajan, Abduk Malik mengatakan pengembangan wisata di desanya bukan hanya di sektor infrastruktur, tapi juga promosi.

"Kami selalu berbenah supaya pengunjung merasa nyaman, aman, dan senang. Selain itu, kami juga promosi lewat lisan, pertemuan-pertemuan, sebarkan leaflet, dan promosi lewat media massa," ujarnya. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: 5 Negara Penuh Petualangan

Jumat, 20 Okt 2017 09:25 WIB

Menurut BBC, 5 negara ini jadi tempat yang tepat bagi petualang. Makanan yang unik, destinasi cantik dan pesta semalam suntuk bisa kamu temukan!