Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Okt 2017 18:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Tempat Belanja Batik Khas Ternate

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Batik Tubo, kerajinan batik khas dari Ternate (Wahyu/detikTravel)
Foto: Batik Tubo, kerajinan batik khas dari Ternate (Wahyu/detikTravel)
Ternate - Traveler mesti tahu, ternyata Ternate juga punya kain batik dengan motif yang khas sana. Batik Tubo namanya, bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho.

Batik Tubo bisa dibilang adalah batik khas dari Ternate. Batik ini bisa traveler dapatkan kalau menyambangi Rumah Oleh-oleh Khas Maluku Utara yang berada di sekitar Kelurahan Kalumpang, Kota Ternate Tengah. Berada tepat di tepi jalan besar membuat tempat ini mudah dijangkau dengan mobil.

detikTravel menyambangi destinasi ini beberapa waktu yang lalu. Saat detikTravel datang, suasana cukup lengang. Hanya gerimis rintik-rintik yang turun membasahi Ternate saat itu menemani.

Di bagian depan toko, ada beragam kisah perjuangan sang pemilik Batik Tubo yaitu Kustalani Syakir saat merintis usahanya. Semua 'kliping' pemberitaan media ini dipigura dengan rapi dan siap menyambut traveler sebelum melangkahkan kaki masuk ke dalam toko.

Bagian depan toko (Wahyu/detikTravel)Bagian depan toko (Wahyu/detikTravel)
Begitu masuk ke dalam, deretan kain batik dengan motif khas Ternate akan menarik perhatian traveler. Warna-warnanya juga colourful dan cenderung berani menabrak pakem warna batik yang 'itu-itu' saja.

Lihat saja kain-kain batik ini. Warnanya seperti bergradasi, seperti menggunakan teknik ombre dalam proses pewarnaannya. Perpaduan warnanya juga tergolong cerah-cerah.

Merah berpadu dengan kuning, hijau dan toska. Kemudian ada juga kain yang berwarna biru berpadu dengan ungu dan toska. Cenderung berani dan unik.

Warna batiknya cerah (Wahyu/detikTravel)Warna batiknya cerah (Wahyu/detikTravel)
Kain batik dengan warna-warna lain juga tersedia. Traveler tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan selera dan karakter kalian. Harga satu lembar kain berkisar antara Rp 250 ribu, bisa di bawah atau di atasnya, tergantung pada bahan kainnya.

Soal motif, Batik Tubo terinspirasi dari kehidupan sehari-hari warga Maluku Utara. Ada kain batik yang bermotif bunga cengkeh, pala, atau bahkan bentuk pulau. Motif lainnya ada ikan, burung bidadari Halmahera hingga pisang bebe. Unik bukan?

Kaos-kaos dengan tulisan Ternate (Wahyu/detikTravel)Kaos-kaos dengan tulisan Ternate (Wahyu/detikTravel)
Selain kain batik, ada juga kaos-kaos dengan gambar dan tulisan yang Ternate banget. Kaos ini bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harga per kaosnya sekitar Rp 125 ribu.

Di tempat ini juga ada oleh-oleh lain yang bisa diborong oleh traveler. Kebanyakan adalah kuliner siap makan seperti bagea, coklat atau roti kenari. Kue-kue kering lainnya juga ada.

Kopi rempah, hingga air guraka siap seduh juga dijual di sini. Belum lagi sambal-sambal yang pedasnya bisa bikin berkeringat. Harganya bervariasi, dari kisaran belasan ribu sampai sekitar Rp 50-an ribu.

(Wahyu/detikTravel)(Wahyu/detikTravel)
Batik Tubo ini menjadi bukti bahwa kerajinan batik tak hanya didominasi dari tanah Jawa saja. Kawasan Indonesia Timur juga punya batik yang tak kalah okenya, tentu saja Batik Tubo

Traveler bisa memborong oleh-oleh di tempat kerajinan Batik Tubo ini. Mumpung lagi liburan di Ternate, jangan sampai kelewatan ya! (wsw/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA