Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Okt 2017 14:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pedasnya Kuliner Lempah Kuning di Pangkalpinang, Wajib Coba!

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Lempah kuning (Kurnia/detikTravel)
Lempah kuning (Kurnia/detikTravel)
Pangkalpinang - Wisata kuliner tak boleh terlewat saat traveling ke Pangkalpinang. Salah satunya icip-icip lempah kuning yang pedasnya bikin berkeringat.

Lempah kuning dikenal sebagai makanan khas Pulau Bangka. Traveler pun bisa mencicipinya di Warung Lempah Kuning Mak Ngah, Kecamatan Girimaya, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

detikTravel berkunjung ke sana pada Rabu (25/10/2017). Siang itu suasana restoran cukup ramai. Kursi-kursi tampak ramai dengan pengunjung yang ingin bersantap pakai lempah kuning.

Menu khas Bangka ini terbuat dari ikan bulat, juga ikan tenggiri. Kemudian dimasak kuah dengan bumbu-bumbu seperti kunyit, laos, cabai dan lain sebagainya.

Pedasnya Kuliner Lempah Kuning di Pangkalpinang, Wajib Coba!Foto: (Kurnia/detikTravel)


detikTravel pun memesan seporsi lempah kuning. Tak lama menunggu, lempah kuning disajikan dengan nasi, sambal mangga dan sambal terasi.

Mumpung masih hangat, detikTravel langsung mencicipi kuahnya. Benar saja, rasa pedas langsung menyapa di lidah. Padahal ada dua cabai utuh yang belum saya campur.
 (Kurnia/detikTravel) Foto: (Kurnia/detikTravel)


Rasanya makin nikmat ketika daging ikan yang empuk dicampur dengan kuah kuning yang tidak kental dan sambal terasi. Pedas mantap.

"Udah biasa (memasak lempah kuning). Pedas ini, ini cabainya beda. Beda sama yang panjang-panjang. Cabai kampung kalau di sini," kata Evi.

Pedasnya Kuliner Lempah Kuning di Pangkalpinang, Wajib Coba!Foto: (Kurnia/detikTravel)


Untuk terasinya juga khas Bangka. Jadi benar-benar citarasa asli.

"Terasi Bangka asli, dari Bangka Selatan " ujarnya.

Seporsi lempah kuning dibanderol sekitar Rp 25 ribu. Nah kalau lagi mampir ke Pangkalpinang dan ingin mencicipi kelezatan lempah kuning Mak Ngah, bisa datang setiap hari kecuali Minggu. Jam bukanya sekitar pukul 07.30 sampai 15.00 WIB, jadi bisa buat pilihan sarapan ataupun santap siang. (krn/wsw)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED