Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Nov 2017 18:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Arung Jeram Seru di Aceh Tengah, Ini Tempatnya!

Datuk Haris Molana
detikTravel
Foto: Arung jeram yang seru di akhir pekan (Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)
Foto: Arung jeram yang seru di akhir pekan (Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)
Aceh Tengah - Akhir pekan ini, traveler wajib coba arung jeram di Aceh Tengah. Spot ini baru dibuka untuk umum dan menawarkan petualangan seru.

Biasanya setiap wisatawan ke Aceh, menikmati indahnya wisata pesisir pantai, kuliner, kopi khas Gayo dan wisata religi. Sekarang hal berbeda hadir di Takengon, Aceh Tengah. Di tanah Gayo, kini hadir wisata adrenalin Arung Jeram Weh Peusangan yang telah dibuka untuk masyarakat luas.

"Hari ini mulai kita launching untuk umum. Pak Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin langsung yang meluncurkannya. Arung Jeram ini merupakan wahana wisata baru di tanah Gayo selain wisata Danau Laut Tawar dan lainnya," kata Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Aceh Tengah, Khalisuddin kepada detikTravel, Sabtu (11/11/2017).

Khalis menyebutkan nantinya masyarakat yang ingin merasakan arung jeram itu, akan dipandu oleh atlet-atlet arung jeram Aceh Tengah yang sudah profesional dibidangnya. Para wisatawan juga akan dibekali dengan pelampung dan helm standar.

(Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)(Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)
"Kita akan melayani masyarakat yang ingin berwisata adrenalin dengan melintasi Sungai Peusangan dengan perahu rafting. Untuk awal perkenalan, biayanya masih murah. Lagi promosi, kita hanya mengambil untuk operasional saja dulu," sebut Khalis.

Untuk lokasi start-nya, Khalis menyebutkan mulainya dari jembatan Lukup Badak, Pegasing dan finish di Jembatan Sanehen, Silih Nara. Jalur yang ditempuh mencapai 4,5 kilometer. Saat ini sudah ada 3 unit perahu dengan masing-masing bermuatan 6 orang.

(Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)(Dok FAJI Aceh Tengah/Istimewa)
"Sudah saatnya olahraga Arung Jeram menjadi salah satu daya tarik wisata daerah ini. Apalagi, arung jeram di Takengon beda dengan daerah lainnya. Di sini, para wisatawan tidak perlu harus jauh-jauh dulu ke lokasi arung jeram. Karena letaknya berada di perkotaan," tambah Khalis.

Khalis menyebutkan grade atau kategori arus sungai yang dilintasi oleh para wisatawan yakni grade 1 dan 2. Itu ideal bagi para wisatawan, jeramnya tidak ekstrem. Jika ingin merasakan derasnya air sungai dataran tinggi Gayo, yuk ke Takengon! (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA