Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Nov 2017 21:26 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Alasan Kenapa Musti Liburan ke Kulonprogo

Shinta Angriyana
detikTravel
Desa Nglinggo, Kulonprogo (Shinta Angriyana/detikTravel)
Kulonprogo - Provinsi DI Yogyakarta bukan cuma sekitaran Kota Yogyakarta saja. 90 Menit dari sana, terdapat Kulonprogo yang punya destinasi menarik untuk akhir pekan.

Kulonprogo terletak di bagian barat Provinsi DI Yogyakarta. Ada berbagai macam spot menarik di sana. Tentunya, sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari berbagai destinasi alam, budaya sampai aktivitas seru ada di sana.

Tentunya ada beberapa faktor yang bikin kamu wajib memasukkan Kulonprogo sebagai salah satu destinasi yang harus dikunjungi saat berwisata ke Yogyakarta. Dihimpun detikTravel, Sabtu (11/11/2017) berikut selengkapnya:

1. Aneka atraksi yang menarik dan komplit

Salah satu yang menarik dari Kulonprogo adalah wilayah kecil dengan berbagai atraksi wisata. Terlebih wisata alamnya, belakangan terakhir tengah menjadi hits di kalangan traveler.

Ada wisata alam Kalibiru, dengan pemandangan Waduk Sermo yang keren. Kemudian ada Hutan Mangrove Wana Tirta, Pantai Glagah sampai menonton tarian mistis Lengger Tapeng. Tinggal pilih sesuai selera saja!

2. Berbagai desa wisata

Daya tarik di Kulonprogo yang memikat wisatawan adalah desa wisata. Di sinilah, para turis bisa langsung hidup seperti penduduk lokal.

Mulai dari menginap di homestay atau rumah warga, mencoba membuat kerajinan, hingga berkeliling sudut desa dan menikmati alamnya. Paket wisatanya juga cukup murah dan tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 100 ribuan-jutaan rupiah tergantung durasi yang dipilih.

3. Macam-macam hasil tani warga yang khas

Masyarakat Kulonprogo mayoritas masih berprofesi sebagai petani. Hasilnya bermacam-macam, dari teh, kopi, gula aren dan berbagai bahan makanan lainnya.

Traveler juga bisa langsung mencoba bagaimana membuat teh tradisional atau menikmati kopi yang segar dan lezat. Biasanya, ini juga menjadi daya tarik dalam paket berlibur yang ditawarkan desa wisata.

4. Kuliner murah dan lezat

Tidak hanya kopi dan teh, traveler juga dapat menikmati kuliner lezat. Tentunya, harga makanan juga sangat pas di kantong.

Ada bakmi jawa, gule, sate dan soto yang lezat dan murah. Ingin mencoba seporsi pecel lengkap dengan bakwan dan tempe mendoan? Di Kulonprogo, harganya cuma Rp 5 ribuan saja!

5. Tempat yang sepi dan nyaman

Sebagian besar wilayah Kulonprogo masih menyatu dengan alam. Banyak hutan dan sawah di sekitarnya. Ini membuat daerah tersebut menjadi sejuk serta cocok untuk menyepi.

Penginapan-penginapan juga biasanya berada di kaki bukit. Suasana sunyi hampir ditemui setiap waktu. Selepas maghrib sekitar jam 7 malam, wilayahnya sudah sepi dan jauh dari kebisingan. Nyaman banget! (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA