Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Nov 2017 13:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Sleman, Coba Ayam Bakar Lezat yang Satu Ini!

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Menu ayam panggang Mbah Dinem di Sleman (Shinta Angriyana/detikTravel)
Menu ayam panggang Mbah Dinem di Sleman (Shinta Angriyana/detikTravel)
Sleman - Provinsi DI Yogyakarta punya banyak atraksi wisata. Untuk wisata kuliner di Sleman, kamu mesti coba ayam panggang lezat dekat Bandara Adi Sucipto.

Adalah Ayam Panggang Bantul Mbah Dinem, yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto nomor 4, Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Posisinya tidak jauh dari Bandara Adisucipto Yogyakarta.

Seperti namanya, restoran ini menyediakan menu utama ayam bakar. Perbedaanya, ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung, bumbunya pun khas dan meresap ke dalam daging. Yum!

Memang tidak banyak menu yang ditawarkan Restoran Mbah Dinem, yang utamanya adalah ayam panggang saja.

Liburan ke Sleman, Coba Ayam Bakar Lezat yang Satu Ini!Tampak depan restoran Ayam Panggang Bantul Dinem (Shinta Angriyana/detikTravel)
Mbah Dinem merupakan sebuah nama dari seorang petani, Dinem. Dulu, Mbah Dinem sering memasak ketika ada hajatan di kampungnya. Menu favoritnya pun ayam bakar, yang menggunakan resep turun termurun hingga ke anak cucunya sekarang.

Ayam panggangnya juga dibuat dengan cara tradisional. Rumah Makan Mbah Dinem masih menggunakan cara lama, yakni memakai gerabah asli Bantul sehingga rasanya tetap tradisional.

Nasi, lalapan, ayam bakar dihidangkan menggunakan dua jenis sambal, yakni sambal bawang dan sambal kacang. Tinggal pilih, mau tambah pedas tinggal pakai sambal bawangnya.

Restorannya memiliki konsep sederhana. Hanya sebuah ruko kecil yang terdiri dari dua lantai. Nuansa Jawa juga terasa saat memasuki restoran ini.

Untuk harganya, dimulai dari Rp 25-100 ribuan. Tergantung porsi ayam yang dipilih, dari seperempat, setengah, sampai ayam utuh. Traveler juga bisa memilih jenis minuman mulai dari teh dan jus jeruk sampai minuman tradisional dari beras kencur sampai temulawak.

Liburan ke Sleman, Coba Ayam Bakar Lezat yang Satu Ini!Suasana resto yang sederhana (Shinta Angriyana/detikTravel)
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED