Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Nov 2017 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Singgah Sejenak di Kelok 9 Nan Indah di Sumbar

Chaidir Anwar Tanjung
Redaksi Travel
Kelok 9 yang ikonik di Sumbar (Chaidir/detikTravel)
Kelok 9 yang ikonik di Sumbar (Chaidir/detikTravel)
Lima Puluh Koto - Melintas dari Pekanbaru menuju ke Bukittinggi, jangan lupa singgah sejenak di Kelok 9. Inilah jalan layang dengan pemandangan yang luar biasa elok.

Akhir pekan lalu detikTravel melakukan perjalanan dari Pekanbaru menuju Sumbar. Pada hari Sabtu sekitar pukul 23.00 WIB (11/11), tiba di bukit Kelok 9. Walau sudah tengah malam, di kawasan itu masih tampak ramai. Kendaraan mobil pribadi dan motor banyak yang singgah di sana.

Pedagang kaki lima menjajakan dagangannya di jalan alternatif yang baru dibangun itu. Badan jalan yang masih nangkring di tebing yang curam itu, di sanalah para pedagang diizinkan berjualan makanan ringan. Untuk jalan layang yang menjulang tinggi dan kokoh, tidak diperkenankan.

Singgah sejenak menikmati malam minggu di lokasi Kelok 9 memiliki keindahan tersendiri. Duduk di warung yang berada di tepi jurang terjal sambil melihat pemandangan yang eksotik.

Panorama Kelok 9 dari bawah (Chaidir/detikTravel)Panorama Kelok 9 dari bawah (Chaidir/detikTravel)

Sembari menyeruput kopi panas, duduk santai di warung, bisa melihat kerlap kerlip kendaraan yang melintas di bawah jurang nan terjal. Dinginnya angin malam yang berhembus serasa ingin memanjakan badan untuk menarik selimut di puncak Kelok 9.

Untuk menghangatkan badan selain memesan kopi panas, bisa juga memesan jagung bakar. Jagung manis, begitu penjual menawarkanya. Tongkol jagung yang besar pun dibakar dengan batok kelapa. Begitu dimakan, jagung ini terasa lembut dan sangat mudah untuk dikunyah. Hmm, lezat sekali makan jagung di sana.

Esok harinya, Minggu (12/11) detikTravel kembali melintas dari Payakumbuh di Sumbar menuju Pekanbaru. Melintas sore dari arah bawah menuju puncak Kelok 9, panorama sore hari lebih menajubkan. Tiang-tiang raksasa yang menjulang tinggi menopang bahu jalan yang dilintasi berbagai jenis kendaraan yang ada.

Inilah sebuah kebanggaan tersendiri buat masyarakat di Sumbar. Kelok 9 yang sejak zaman Belanda merupakan jalan yang berliku dengan jumlah kelokan 9. Kelokan yang tajam, bila Anda tidak berhati-hati bisa celaka.

Namun kini dengan adanya pembangunan jalan layang yang mentereng itu, masyarakat lebih dimudahkan lagi. Silahkan dipilih, bila Anda ingin mengenang masa lalu, jalan Kelok 9 masih bisa dilintasi. Bila ingin menikmati badan jalan layang, itu juga pilihan tersendiri.

Panorama indah di sepanjang Kelok 9 (Chaidir/detikTravel)Panorama indah di sepanjang Kelok 9 (Chaidir/detikTravel)

Jalan berkelok ini berada di celah dua bukit terjal di Kabupaten Lima Puluh Koto. Di tengah himpitan bukit terjal yang bercadas, di bagian bawahnya mengalir mata air perbukitan.

Saluran air kini ditata dan ditembok. Kondisi itu menjadi pemandangan yang indah. Masyarakat bisa menikmati duduk santai di tepi badan jalan.

Warga yang singgah di kawasan ini dipastikan akan mengabadikan kenangan indah lewat jepretan kamera. Tapi jangan khawatir, bila ingin mencetak foto langsung jadi, di sana para photografer siap membantu Anda.

Suasana hijau nan sejuk dapat dirasakan (Chaidir/detikTravel)Suasana hijau nan sejuk dapat dirasakan (Chaidir/detikTravel)

Dengan bermodalkan Rp 10 ribu sekali jepret, Anda bisa mencetak langsung foto Anda sekeluarga. Foto yang dijepret itu bisa menjadi kenangan manis di Kelok 9.

Dari puncak jalan layang, Anda juga bisa melihat badan jalan yang di bawah. Tentunya Anda harus memarkirkan kendaraan di luar jalan layang.

Bila posisi Anda di puncak jalan layang, maka bila melihat ke bawah. Kendaraan yang melintas di bawah terlihat seperti mobil-mobilan. Asyik bukan?

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED