Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Nov 2017 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aneka Kuliner Luwuk yang Menggoyang Lidah

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Aneka kuliner seafood sedap di Luwuk (Wahyu/detikTravel)
Aneka kuliner seafood sedap di Luwuk (Wahyu/detikTravel)
Luwuk - Traveling ke satu daerah wajib coba wisata kuliner yang khas. Begitu pula kalau liburan ke Luwuk, Sulawesi Tengah, musti coba kulinernya yang menggoyang lidah.

Sebagai kota pesisir pantai, Luwuk tentu saja punya sajian kuliner seafood yang menggugah selera. Hukumnya wajib untuk mencoba kuliner serba seafood di sini.

Salah satu tempat untuk menikmati sajian sea food di Luwuk ada di Rumah Makan Bandeng Tirta Harapan. detikTravel berkunjung ke sini pekan lalu untuk bersantap siang.

Sesuai dengan namanya, di tempat makan ini Bandeng jadi sajian utama. Tetapi selain bandeng, rumah makan ini juga menyediakan jenis ikan lainnya, terutama ikan air laut. Kami pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Rumah Makan Bandeng (Wahyu/detikTravel)Rumah Makan Bandeng (Wahyu/detikTravel)

Seporsi ikan bubara bakar berukuran besar pun kami pesan. Tak ketinggalan, sebakul nasi putih hangat, cah kangkung, ikan kuah asam dan juga sambal dabu-dabu nan pedas hadir melengkapi santapan siang kami waktu itu. Hmm.. sedapnya!

Ikan di Luwuk masih sangat segar karena merupakan tangkapan nelayan lokal. Laut Sulawesi termasuk daerah penghasil ikan nomor satu di negeri ini. Soal rasa dan kesegarannya, benar-benar juara. Dijamin traveler tidak akan kecewa.

Ikan bakar yang sedap (Wahyu/detikTravel)Ikan bakar yang sedap (Wahyu/detikTravel)

Keesokan harinya, seusai snorkeling di Pulau Dua. Rombongan detikTravel kembali menyantap sajian seafood yang menggoyang lidah. Masih dengan menu ikan bakar, cah kangkung, dan kali ini plus bakwan goreng sebagai pelengkap. Duh, nikmatnya..

Santapan makan siang ini kami nikmati di sebuah warung makan tak jauh dari dermaga nelayan Pulo Dua. Makan siang ditemani pemandangan yang aduhai. Terkadang, bahagia itu sederhana.

Ikan bakar lagi, sedap! (Wahyu/detikTravel)Ikan bakar lagi, sedap! (Wahyu/detikTravel) Foto: Wahyu Setyo

Kalau sudah keseringan makan seafood di Luwuk, traveler bisa coba kuliner lain yang segar-segar. Pilihannya ada di Nyuk nyang Koko yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo No 63, Jole, Luwuk. Nyuk nyang adalah sejenis bakso khas dari Makassar.

Selain Nyuk nyang, ada pula Mie Garing yang tak kalah sedapnya. Meski bukan asli Luwuk, tapi kuliner ini sudah menyebar dan diterima dengan baik karena lumayan banyak juga orang keturunan Makassar yang tinggal di Luwuk.

Mie Garing Koko (Wahyu/detikTravel)Mie Garing Koko (Wahyu/detikTravel)

Terakhir, adalah pencuci mulut. Datanglah ke Bukit Keles, dan nikmati lopis, sajian ketan yang disiram kuah gula aren plus taburan kelapa muda. Manis legitnya akan menyempurnakan liburan Anda di Luwuk. Cicipi juga pisang lowe, pisang goreng yang dicocol sambel terasi. Nyam!

Sebagai teman minumnya, secangkir saraba hangat akan jadi pelengkap yang pas usai menjalani agenda liburan yang cukup padat. Sungguh, Luwuk menawarkan aneka kuliner lezat yang wajib traveler coba kalau liburan ke sana!

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED