Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Nov 2017 13:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Wisata di Medan saat long weekend (Grandyos Zafna/detikTravel)
Wisata di Medan saat long weekend (Grandyos Zafna/detikTravel)

FOKUS BERITA

Long Weekend Desember
Medan - Akhir pekan yang panjang sudah di depan mata. Traveler yang mau liburan ke Medan, berikut aneka rekomendasi tempat wisata keren.

Wisata di Medan pastinya bakalan menyenangkan. Mulai dari wisata sejarah, religi hingga kuliner bisa dilakukan di sini. Berbagai sisi destinasi wisatanya pun cantik buat foto-foto.

Disusun detikTravel, Kamis (30/11/2017), inilah sejumlah destinasi wisata pilihan di Medan dan sekitarnya:

1. Istana Maimun

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Grandyos Zafna/detikTravel)



Istana Maimun didirikan sekitar tahun 1888 dengan arsitektur gabungan antara Islam, Spanyol, Melayu, India dan Italia. Traveler dapat melihatnya di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Medan.

Selama berkunjung kemari traveler dapat kenal lebih dekat dengan sejarah Kesultanan Deli. Silakan berkeliling sekitar istana seluas 2.772 m2 dengan 30 ruangan ini. Siapkan waktu yang cukup agar bisa lebih puas, tak perlu buru-buru.

2. Gereja Graha Maria Annai Velangkanni

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Grandyos Zafna/detikTravel)



Sekilas, Graha Maria Annai Velangkanni tampak seperti kuil. Namun rupanya ini adalah sebuah gereja Katolik yang megah. Wah! Lokasinya di Jalan Sakura III No 7-10, Tanjung Selamat, Medan.

Gereja dibangun dengan arsitektur Indo-Mogul. Bentuknya seperti menara bertingkat dengan sisi atasnya mirip kuil dan ada tiga kubah yang megah. Di dalamnya terdapat tempat beribadah hingga aula yang cukup besar.

3. Masjid Raya Al Mashun

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Thinkstock)

Salah satu destinasi wisata religi lainnya di Medan adalah Masjid Raya Al Mashun. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1906 oleh Sultan Ma'moen Al Rasyid ini bisa dibilang telah menjadi ikon, yang banyak dikunjungi traveler.

Dari luarnya tampak masjid yang begitu megah dengan arsitektur bergaya Spanyol, India dan Timur Tengah. Tempat ibadah di dalamnya pun luas dan nyaman. Traveler bisa berfoto di masjid, tapi tentunya tetap harus sopan dan menjaga ketenangan ya.

4. Tjong A Fie Mansion

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Grandyos Zafna/detikTravel)

Tjong A Fie Mansion merupakan rumah dari sosok legendaris Medan, Tjong A Fie. Dia adalah warga Tiongkok yang merantau ke Medan, membangun usaha dengan ulet dan teguh, hingga akhirnya menjadi bangsawan di Medan.

Rumahnya kini dapat traveler kunjungi. Bangunan bergaya Tiongkok di Jl Ahmad Yani itu lengkap dengan lampion merah, juga patung singa di sisi kiri dan kanan gerbang.

Bagian dalam rumah ini ditata sedemikian rupa, di mana traveler bisa merasakan seperti apa kehidupan bangsawan Medan ala Tjong A Fie di masa lalu.

5. Merdeka Walk

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Fitraya/detikTravel)

Traveling ke Medan tak lengkap tanpa wisata kuliner. Kunjungilah Merdeka Walk atau MW, yang menjadi pusat kuliner lengkap di Kota Medan. mau kuliner lokal ataupun internasional tersedia di sini.

Nasi lemak, pancake durian, sup buntut, soto Medan, sushi, hingga tomyam, bisa jadi pilihan traveler. Area seluas 6.600 m2 itu cocok sekali buat kulineran selepas sore. Suasana lebih ramai dan hidup dengan gemerlap lampu yang menyala.

6. Durian Ucok

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(Afif/detikTravel)

Sudah icip-icip makanan di Merdeka Walk, jangan lupa mampir juga ke Ucok Durian. Berada di Jl Wahid Hasyim, Medan, Ucok Durian mudah dicapai dari Merdeka Walk.

Durian yang tersedia di sini begitu populer di kalangan traveler pecinta durian. Daging duriannya tebal, berwarna kuning dan manis. Durian yang didapat, berasal dari kawasan di sekitar Medan.

Setelah pesta pernikahan Kahiyang Ayu, Presiden Jokowi bersama keluarganya sempat menyantap durian di tempat ini lho. Cucunya yang menggemaskan, Jan Ethes, juga ikut lahap menikmati durian.

7. Taman Buaya Asam Kumbang

Long Weekend di Medan, Ini Pilihan Destinasinya(indonesia.travel)

Satu lagi destinasi yang sayang dilewatkan, Taman Buaya Asam Kumbang. Penangkaran buaya tersebut letaknya di Desa Asam Kumbang, sekitar 1 jam dari pusat Kota Medan.

Kabarnya penangkaran ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Terdapat lebih 2.400 ekor buaya, yang kebanyakan adalah buaya muara. Selain bisa melihat aktivitas reptil ini, traveler bisa memotret dari jarak aman dan menyaksikan saat buaya makan dengan giginya yang tajam. Berani datang? (krn/fay)

FOKUS BERITA

Long Weekend Desember
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED