Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Des 2017 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menengok Pesawat dan Helikopter R1 di Museum Angkut

Mustiana Lestari
detikTravel
Replika pesawat presiden di Musem Angkut (Mustiana Lestari /detikTravel)
Replika pesawat presiden di Musem Angkut (Mustiana Lestari /detikTravel)
Malang - Pesawat Kepresidenan memang mencuri perhatian. Untuk memuaskan rasa penasaran kamu, Museum Angkut punya replika pesawat Presiden dan helikopter Soekarno.

Pesawat Kepresiden R1 menjadi salah satu simbol kenegaraan yang banyak mencuri perhatian. Sayang tidak semua orang dapat menyambangi pesawat milik presiden tersebut.

Kendati demikian, traveler bisa menuntaskan rasa penasarannya dengan mengunjungi Museum Angkut, Batu, Jawa Timur.

Di sini para traveler bisa melihat replika pesawat kepresidenan Boeing 736 seri 200 yang ada di arena Runaway 27, Museum Angkut.

 Menengok Pesawat dan Helikopter R1 di Museum AngkutFoto: (Mustiana Lestari /detikTravel)
Bak menaiki pesawat pada umumnya, traver akan melewati pintu metal detector dan disambut dengan petugas berseragam bandara.

Traveler harus mengantre untuk bisa masuk ke dalam pesawat replika ini. Selanjutnya dengan menaiki tangga traveler akan dibawa ke kabin Paspampres dan staf kepresidenan yang formasi tempat duduknya seperti pada pesawat biasa.

Dibatasi gorden, pengunjung lalu dibawa ke kabin kepresidenan. Di dalam sini terdapat meja kerja presiden, ruang rapat dan ruang makan untuk Presiden.

Berbeda dari kursi pesawat khusus Paspamres, kursi pada bagian ini terlihat lebih nyaman dan empuk dengan balutan kulit.

Uniknya di sebelah meja kepresidenan terdapat patung Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie yang seolah sedang menyapa pengunjung.

 Menengok Pesawat dan Helikopter R1 di Museum AngkutFoto: (Mustiana Lestari /detikTravel)
"Karena Pak Habibie adalah tokoh kerdirgantaraan dan presiden RI," kata salah satu guide, Sukma kepada detikTravel, Senin (11/11/2017).

Dari pantauan detikTravel, para pengunjung langsung berebut tempat duduk untuk berfoto. Dengan berada di sini mereka seolah-olah sedang menjadi Presiden.

"Bagus ya kita jadi tahu pesawat Presiden. Kita jadi tahu tempat makannya, tempat rapatnya." Kata Boman, salah satu pengunjung dari Padang.

Boman pun antusias memotret hampir seluruh bagian pesawat, dan selfie dengan patung Pak Habibie. Lainnya juga tak mau ketinggalan mengabadikan dengan OPPO F5.

Heli Soekarno dari John Kennedy

 Menengok Pesawat dan Helikopter R1 di Museum AngkutFoto: (Mustiana Lestari /detikTravel)
Pesawat kepresidenan lainnya yang ikut dipamerkan di Museum Angkut adalah helikopter BELL 47. Pesawat yang diberi nama Si Walet ini merupakan helikopter buatan Amerika pada 1958.

Helikopter ini merupakan hasil barter politik Soekarno dengan pemerintah USA untuk pembebasan agen CIA Allen Pope yang terlibat pemberontakan PRRI/Permesta.

Informasi juga menyebutkan, agen tersebut tertembak Mustang AURI ketika menerbangkan Bomber B26 Aurev di laut Ambon. Kemudian di tahun 1960, Presiden AS John F. Kennedy memberi barter, salah satunya berupa heli ini.

Heli dengan warna putih dan merah ini tampak masih terawat dengan baik. Di dalamnya kursi dibalut dengan kain merah berlambang Garuda Pancasila. tidak seperti helikopter pada umumnya, heli ini terlihat lebih sempit dengan kapasitas penduduk tidak sampai 4 orang.

 Menengok Pesawat dan Helikopter R1 di Museum AngkutFoto: (Mustiana Lestari /detikTravel)
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED