Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Des 2017 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun di Belitung, Kenapa Tidak?

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Kampoeng Ahok di Belitung Timur (Kartika Eka Hendarwanto/dTraveler)
Foto: Kampoeng Ahok di Belitung Timur (Kartika Eka Hendarwanto/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Belitung - Belitung bisa jadi pilihan destinasi buat liburan akhir tahun. Pantainya cantik, destinasi budayanya juga seru. Dijamin akan puas liburan di sana!

Belitung terangkat namanya sejak film Laskar Pelangi. Tapi Belitung, lebih dari sekadar itu. Ada banyak spot wisata lama dan juga baru yang bisa dikunjungi, meski tak terkait dengan film Laskar Pelangi.

Dihimpun detikTravel, Kamis (21/12/2017), inilah destinasi wisata di Belitung dimana kamu bisa liburan akhir tahun:

1. Kampoeng Ahok
Replika rumah keluarga besar Ahok (Kartika Eka Hendarwanto/d'Traveler)Replika rumah keluarga besar Ahok (Kartika Eka Hendarwanto/d'Traveler)

Ya, kalau liburan ke Belitung kamu bisa mampir ke Kampoeng Ahok dan melihat replika rumah kayu yang ditinggali keluarga besar Ahok di masa lalu. Berkunjung ke sini, traveler bisa mengenang dan bernostalgia akan sosok pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu.

Dari Kota Tanjung Pandan, waktu tempuh menuju ke destinasi ini sekitar 1,5 jam. Lokasi tepatnya ada di Jl KA Bujang No 22, Gantong, Belitung Timur. Di dalam rumah ini, selain dipajang bingkai foto Ahok dan perabotan rumah tangga masa lalu juga terdapat berbagai suvenir.

Suvenir itu antara lain kaos, tudung saji dan caping berbahan daun enau khas Belitung, kaleng kerupuk, hiasan dinding dan camilan khas Kampoeng Ahok. Bisa wisata belanja juga lho!

2. Pulau Lelaki

Pulau Lelaki yang unik (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)Pulau Lelaki yang unik (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)


Selanjutnya, ada spot baru namanya Pulau Lelaki yang begitu unik. Pulau ini diberi nama begitu, karena ada batu besar yang bentuknya menyerupai alat kelamin lelaki. Maka dari itu, namanya Pulau Lelaki.

Pulau ini relatif sepi pengunjung. Tapi justru itu yang bikin asyik. Kamu bisa puas menikmati pantai berpasir putih dan berbatu-batu besar yang bagus banget buat foto-foto.

3. Rumah Keong

Rumah Keong di Belitung Timur (Julie Kirey/d'Traveler)Rumah Keong di Belitung Timur (Julie Kirey/d'Traveler)


Berikutnya, adalah Rumah Keong yang juga tak kalah unik. Dinamakan begitu, karena bentuknya mirip cangkang keong. Lokasinya berada di Belitung Timur, tak jauh dari replika SD Muhammadiyah Gantong.

Di depan Rumah Keong, terdapat danau berair biru jernih yang menggoda. Sambil menikmati suasana di sekitar danau yang ada tepat di depannya. Rumah Keong menjadi bonus perjalanan di Belitung Timur.

4. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas (Swarna Jayanti/d'Traveler)Pulau Lengkuas (Swarna Jayanti/d'Traveler)


Terakhir, tak lengkap ke Belitung kalau belum mampir ke Pulau Lengkuas. Inilah pulau paling ikonik di Belitung, plus mercusuarnya yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Perjalanan ke Pulau Lengkuas ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Dengan perahu tradisional milik warga, kamu bisa keliling ke pulau-pulau lainnya seperti Pulau Batu Berlayar hingga Pulau Kepayang. Seru banget! (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Lokomotif Tertua di Blora

Kamis, 18 Jan 2018 21:58 WIB

Liburan akhir pekan ke Blora, ada atraksi baru yang bisa traveler coba, namanya Loco Tour. Traveler akan diajak jalan-jalan dengan lokomotif tertua di Blora.