Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Des 2017 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ogah Kena Macet, Liburan Akhir Tahun di Sekitar Jakarta Saja!

tahun baru ancol (ancol.com)
Jakarta - Liburan akhir tahun pasti macet di luar kota. Kalau tidak mau kena macet, liburan di sekitar Jakarta saja. Ada banyak destinasi asyik untuk dinikmati.

Traveler yang ingin menghabiskan Tahun Baru tanpa harus berhadapan dengan macet, keliling Jakarta saja. Banyak kok tempat-tempat yang punya acara menarik untuk menyambut Tahun Baru. Sebut saja Ancol, Puncak, TMII, Bundaran HI, Monas, Anyer, Kota Tua Jakarta, dan Kepulauan Seribu.

Selain Pesta Kembang Api, juga ada beberapa acara musik, kebudayaan, dan kuliner yang bisa traveler buru di sekitar tempat-tempat tersebut. Dihimpun detikTravel, Jumat (22/12/2017) inilah daftarnya:

1. Ancol

Sebagai taman rekreasi favorit di Jakarta, Ancol punya beberapa event menarik yang bisa traveler nikmati dalam rangka menyambut Tahun Baru antara lain:

Pesona Indonesiaku

Ancol memiliki acara dengan tema Pesona Indonesiaku di lima tempat, Putri Duyung, Pasar Seni, Taman Lumba-Lumba, Pantai Lagoon dan Carnaval. Lokasi tersebut nantinya akan diisi dengan sebuah kolaborasi musik penghujung tahun 2017. Kolaborasi ini dipadukan dengan kebudayaan khas Indonesia dalam musik, tarian, kuliner dan bazzar yang terbagi melalui zona-zona. Nantinya juga dipadukan dengan kemeriahan pesta kembang api musikal.

Pertunjukan musik di panggung utama Pantai Carnaval digelar dengan tema Gempita Festival 2018 pada 31 Desember 2017 mulai pukul 7 malam. Sejumlah artis ibu kota seperti Wali, Five minutes, Armada, Kotak, dan Setia band serta pedangdut Siti Badriah dan banyak lagi artis lainnya.

Di Pasar Seni, 31 Desember 2017 – 1 Januari 2018, pengunjung bisa melihat sentuhan Budaya Betawi. Akan menampilkan pencak silat, lenong, tari betawi dan lenong bocah. Deretan seniman Pasar Seni juga akan menggelar hasil karyanya dengan tema 'kicir-kicir'. Selain budaya Betawi, pengunjung dapat menyaksikan penampilan Srimulat dan campursari pada 23 Desember 2017.

Sedangkan di Taman Lumba lumba, traveler akan dimanjakan dengan Festival Wisata Kuliner Nusantara, yang dapat dinikmati di 23 Desember 2017 – 1 Januari 2018. Selain itu akan ada penampilan budaya Aceh yang menampilkan tari saman, Reog Porogo dan budaya Kalimantan.

Kemeriahan tahun baru di Ancol makin lengkap dengan pesta kembang api di sepanjang pantai kawasan Ancol. Kembang api ini dapat dinikmati dari Pantai Festival sampai dengan Pantai Carnaval, serta Putri Duyung Ancol. Acara khusus Ancol, nanti juga menampilkan musical fireworks selama 15 menit di Pantai Lagoon.

Eco Park

Faunaland Ancol (Shinta/detikTravel)Faunaland Ancol (Shinta/detikTravel)
co Park di Ancol merupakan wahana baru yang bisa dinikmati bersama keluarga. Di dalamnya ada beberapa wahana wisata edukatif, seperti Learning Farm, Faunaland, dan Outbond Area.

Aqua Fun

Ogah Kena Macet, Liburan Akhir Tahun di Sekitar Jakarta Saja!(Shinta/detikTravel)
Liburan Tahun Baru, seru-seruan bermain air di Aqua Fun bisa menjadi pilihan. Aqua Fun terletak di kawasan Beach Pool, Taman Impian Jaya Ancol. Traveler bisa menyusuri rintangan-rintangan seperti memanjat, meloncat, bahkan sampai nyebur ke dalam air. Aqua Fun dibuka untuk publik mulai pukul 9 pago hingga 5 sore. Untuk harganya, dimulai dari Rp 30 ribu (weekdays) dan Rp 40 ribu (weekend.

Dream Playground

Ogah Kena Macet, Liburan Akhir Tahun di Sekitar Jakarta Saja!Foto: ancol.com
Traveler yang ingin menghabiskan Tahun Baru dengan si kecil, datang saja kke wahana di Dufan ini. Dream Palyground merupakan wahana bermain ramah anak dan khusus balita. Tidak hanya bermain, di sini juga ada sarana edukasi untuk si kecil.

Rangkaian acara di Ancol

Ada beberapa event menarik yang bisa traveler lihat di Taman Rekreasi Ancol. Antara lain Festival Kuliner Nusantara di pantai timur (23 Desember 2017 - 1 Januari 2018), Lagoon Seaside Carnival (25 Desember 2017), Musik Spesial di Floating Stage (23-30 Desember 2017), Pameran Seni dan Kerajinan Kicir-Kicir di Pasar Seni Ancol (23 Desember - 1 Januari 2018), Srimulat dan Campur Sari (23 Desember 2017), Lenong Betawi dan Pencak Silat (23-24 Desember 2017).

Selain itu, Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra juga tidak ketinggalan menyapa pengunjung dengan tema 'Empire of The Sea'. Nantinya akan hadir pertunjukan Santa Claus di akuarium besar hingga Cosplay Raja Laut. Selain itu akan hadir pertunjukan Larva Show (16 Desember - 7 Januari 2018) yang didatangkan khusus dari Korea. Traveler pun bisa foto bareng dengan mereka di akhir acara.

2. Depok

Ogah Kena Macet, Liburan Akhir Tahun di Sekitar Jakarta Saja!(Masaul/detikTravel)
Menghabiskan libur Tahun Baru di Depok, traveler bisa berkunjung ke Jalan Danau Tondano. Jalan ini sangat cantik, karena dilukis 3D dengan beragam motif dan kreasi. Traveler bisa berburu foto dengan beragam ekpresi di jalan ini.

3. Bogor

(Brigida Emi Lilia/d'Traveler)(Brigida Emi Lilia/d'Traveler) Foto: ancol.com
Liburan Tahun Baru, berkunjung saja ke Bogor. Banyak tempat baru dan menarik yang bisa traveler kunjungi. Salah satunya adalah Rumah Pohon Pabangbon.

Pemandangan yagn asri, serta juga ada ayunan gantung dengan latar pegunungan, mirip dengan Ayunan The Lodge Maribaya. Pabangbon bila ditempuh dari Jakarta, memakan waktu sekitar 3 jalm perjalanan.

Banyak spot menarik, seperti spot kupu-kupu, rumah pohon, love, flying fox, dan lainnya. Jadi traveler tidak akan rugi ke tempat ini, selain harganya juga sangat terjangkau masing-masing tempat spot cuma dihargai Rp 5.000-Rp 10.000 untuk satu kali mencoba. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA