Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Des 2017 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ikon Cantik Lampung, Menara Siger

Bona
Redaksi Travel
Menara Siger (Bonauli/detikTravel)
Menara Siger (Bonauli/detikTravel)
Lampung Selatan - Lampung kini mulai identik dengan wisata bahari yang cantik. Tapi tak banyak yang tahu, kalau Lampung punya ikon cantik yang berada di titik 0 km Lampung.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Lampung pekan lalu. Salah satu destinasi yang dikunjungi adalah Menara Siger.

Ada yang sudah tahu tentang Menara Siger?

Menara ini diresmikan oleh Gubernur Sjahroedin Z.P. pada 30 April 2008. Menara ini dibangun di titik 0 km di Bukit Gamping Bakauheni, Lampung Selatan. Kira-kira 2,5 jam dari Kota Bandar Lampung.

Menara Siger tampak depanMenara Siger tampak depan Foto: (Bonauli/detikTravel)
Sebagai landmark, Menara siger memiliki bentuk persis seperti siger atau mahkota raksasa. Ada 9 kerucut yang berwarna kuning keemasan berderet memanjang.

Bentuk ini mengadaptasi bentuk mahkota pengantin wanita (siger) dalam adat Lampung. Sedangkan, pucuknya yang berjumlah sembilan adalah simbolisasi sembilan bahasa yang ada dalam masyarakat Lampung.

Kerucut pada bagian tengah berukuran lebih besar dan lebih tinggi yang menjadi puncak dari menara ini. Di bagian ini pula terdapat 6 lantai bangunan di dalam menara.

Pengunjung yang datangPengunjung yang datang Foto: (Bonauli/detikTravel)
Untuk masuk ke manara ini kamu akan dikenakan biaya karcis Rp 25.000 per orang. Menara ini dibuat mirip dibagian depan dan belakang. Bedanya bagian belakang memiliki tangga menuju bagian lapangan bawah.

Di bagian belakang ini, terdapat sebuah teropong yang bisa kamu gunakan untuk melihat ke arah lautan lepas di Pelabuhan Bakauheni. Tapi kamu mesti bayar Rp 5.000 untuk menggunakannya.

Beberapa warung miliki warga sekitar berjajar di belakang dan di depan menara. Kamu bisa ngopi sambil menikmati hamparan perairan Lampung dan ruas-ruas tol yang sudah dibangun rapi.

Pemandangan dari Menara SigerPemandangan dari Menara Siger Foto: (Bonauli/detikTravel)


Tak mau ketinggalan momen, tim detikTravel pun mengabadikannya dengan Oppo f5 terbaru. Cekrek!

Sayang, beberapa bagian di menara ini sudah tidak terurus dengan baik. Hal ini terlihat dari plafonnya yang berlubang dan ruang radio yang terlantar begitu saja. Semoga ada perbaikan, sehingga Menara Siger menjadi landmark yang sayang untuk dilewatkan. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED